Wakilkan Presiden Jokowi, Menko Ekuin RI Airlangga Hartarto Resmi Buka GIIAS 2021

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 11/Nov/2021 11:07 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 telah resmi dibuka.

Pameran otomotif akbar tersebut diadakan di ICE BSD, Tangerang, pada tanggal 11-21 November 2021.

Baca Juga:
PEVS 2024: Desain Lebih Segar, Mini SUV Listrik Neta V-II Dijual Mulai Rp 200 Jutaan

GIIAS 2021 dibuka oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, mewakili Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga:
PEVS 2024: Tampilkan Omoda E5, Chery Tunjukkan Keseriusan Memasarkan Kendaraan Listrik

“Kita berharap pameran ini bisa mendorong kebangkitan industri otomotif, karena multiplier effect-nya tinggi.” buka Airlangga Hartarto dalam opening ceremony GIIAS 2021 (11/11/2021).

Stabilnya angka kasus Covid-19 yang melandai membuat GIIAS 2021 untuk bisa diselenggarakan kembali, seperti yang disampaikan oleh Menko Airlangga.

Baca Juga:
Ada Unit Test Drive-nya, Ini Dia Sederet Mobil Listrik Baru yang Akan Hadir di Pameran PEVS 2024

“Kasus penanganan Covid di Indonesia adalah yang terbaik di ASEAN berdasarkan penilaian WHO seluruh 34 provinsi yang ada di Indonesia levelnya 1.” tambah Airlangga.

Menko Airlangga berpesan agar jangan sampai Indonesia tertinggal industri otomotifnya, mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat, dan Indonesia termasuk kaya akan sumber daya untuk material pembuatannya.

Seperti yang disebut oleh Menko Airlangga, Indonesia memiliki sumber daya nikel, cobalt, mangan, kemudian kita akan dorong untuk industri katoda, baterai cell, sampai industri otomotif.

“Jadi kita punya kemampuan dengan adanya domestic market untuk membuat industri supply chain lengkap, dan tentu kita berharap agar industrinya ini seluruhnya swasembada dalam negeri dan produknya bisa diekspor ke berbagai negara.” jelas Airlangga.

Sementara untuk GIIAS 2021 yang mengusung tema “Will to Move”, merupakan sebuah pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju melalui pengadaan pameran.

“Gaikindo, dengan dukungan dari pemerintah dan agen pemegang merk, akan terus mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia, salah satunya dengan menginisiasi kehadiran GIIAS.” pungkas Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

(Joule)