Gantikan Logo Oval Ikoniknya, Ternyata Ini Arti Corporate Identity Baru Kia Motors

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 16/Nov/2021 09:10 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Kia Motors, telah resmi mengganti corporate identity (CI)-nya.

Penggantian CI tersebut membuat logo Kia tidak lagi oval setelah eksis selama lebih dari 20 tahun, melainkan hanya tulisan Kia.

Baca Juga:
Generasi Terbaru Kia Carens di Indonesia Resmi Diperkenalkan, Harganya Bikin Penasaran

Tentunya di balik logo barunya tersebut memiliki banyak makna, mengingat CI sangat mencerminkan berbagai banyak hal terkait perusahaan tersebut.

PT. Kreta Indo Artha (KIA) selaku pemegang brand Kia di Indonesia, menjelaskan logo tersebut dalam media briefing-nya di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Baca Juga:
Kaleidoskop 2021: Persaingan Low MPV Jepang Rp. 200 jutaan Kian Memanas

“Target konsumen kita adalah individu modern dimana orang-orang itu progresif, mencari metode baru untuk berpikir, dan menyukai challenge, memiliki value soal originality, creativity, dan estetika.” Fariska Isnaini, Marketing Communication PT. KIA kepada SoundandMachine.com dalam media briefing-nya (15/11/2021).

Baca Juga:
Memasuki Akhir Tahun, Begini Update Aktifitas Astra Life di Tahun 2021 Terkait Otomotif

Logo Kia baru melambangkan sebuah transformasi yang akan dilaluinya, yakni stabilitas dan percaya diri untuk menghadapi masa depan.

Selain itu, huruf “K” dan “A” yang melandai mengarah ke atas melambangkan bahwa Kia akan berkembang.

Brand terbaru tersebut memiliki kepribadian bahwa Kia memiliki kepribadian sebagai creator yang selalu inventive untuk membuat hal baru, rasa penasaran untuk mencari tahu, dan terbuka dalam hal ide baru.

Selain itu, brand terbaru tersebut juga mengekspresikan bahwa Kia optimistis dalam arti bisa mendapat inspirasi dari peluang potensi untuk membuat pergerakan.

Tak ketinggalan, melalui brand terbaru tersebut melambangkan Kia memiliki tujuan yang jelas yaitu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada konsumennya, dan berani melakukan hal tersebut tanpa over-confident atau membuatnya rumit.

Logo Kia baru tersebut sudah terpampang di mobil baru yang diluncurkan di GIIAS 2021, yaitu Kia Grand Carnival dan Kia Seltos GT Line, dan akan diterapkan di model Kia lainnya.

CI bukan sekedar logo, tetapi juga slogan Kia yaitu Movements that Inspires yang tentunya memiliki arti penting.

“Karena kita percaya movement inspires ideas, makanya kita membuat space agar konsumen kita dapat terinspirasi dari space yang kita buat, kita mengerti seberapa banyak waktu yang dibutuhkan.” pungkas Fariska.

(Joule)