Tinjau Pameran Otomotif GIIAS 2021, Begini Pesan Khusus Presiden Jokowi untuk Produsen Mobil

  • Oleh : anto

Rabu, 17/Nov/2021 14:40 WIB


Soundandmachine.com (Tangerang) – Pameran otomotif akbar bertajuk Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung pada tanggal 11 – 21 November 2021 kembali dihelat, mengambil lokasi di ICE BSD City Tangerang, Banten.

 

Baca Juga:
Kendaraan Komersial Bertenaga Listrik Pertama di Indonesia ini Siap Dukung KTT G20

Di tengah penyelenggaraannya, yakni pada Rabu, 17 November 2021, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan hadir di ajang ini.

 

Baca Juga:
Gandeng OLX Autos, IMX 2022 Akan Hadirkan Konten Modifikasi Berbasis Mobil Bekas

Kehadirannya di lokasi acara pada pukul 9.30 wib didampingi Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI dan Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Baca Juga:
Factory Visit Aki Massiv: Usung Teknologi Terkini, Produksi Indonesia untuk Pasar Otomotif Dunia

Presiden yang belum lama ini meresmikan sirkuit balap di Mandalika, Lombok ini mengunjungi hampir setiap booth dari para pabrikan mobil yang menjadi peserta pameran kali ini.

 

Selain meninjau pameran otomotif GIIAS 2021, ada pesan khusus yang disampaikan Presiden Jokowi untuk para produsen mobil yang ada di Indonesia.

 

“Saya minta ditingkatkan local content-nya,” ujar Presiden Jokowi kepada sejumlah pabrikan peserta pameran yang dikunjungi booth-nya, merujuk pada mobil-mobil yang sudah diproduksi di Indonesia.

 

Selain itu, Presiden Jokowi pun sempat menanyakan harga dan persentase local content dari sejumlah produk mobil asal pabrikan Eropa, yang sebelumnya masih diimport utuh dan kini sudah dirakit lokal.

“Harganya sangat kompetitif,” jelas Presiden Jokowi setelah menerima penjelasan dan informasi dari pabrikan asal Eropa tersebut.

 

Masuknya Indonesia sebagai basis produksi dari model-model mobil kategori global value chain membuat industri otomotif nasional punya posisi tawar yang sangat baik secara global.

 

Dukung terus industri otomotif di Indonesia! (anto)