First Impression All New Toyota Avanza: Upaya Naik Kelas di Tengah Persaingan Memanas

  • Oleh : redaksi

Kamis, 18/Nov/2021 14:30 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – Toyota menunjuk generasi terbaru produk low multi purpose vehicle (LMPV) yaitu Avanza, sebagai salah satu andalannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Dalam kesempatan ini kami melihat langsung sosok LMPV yang sudah berpenggerak depan, dan dikerubungi pengunjung GIIAS 2021.

Baca Juga:
Siap Goda Para Sultan, Ikon SUV Elektrifikasi All-New Lexus RX Resmi Hadir di Indonesia

Kalau dilihat sekilas, desain eksterior Avanza terbaru ada rasa seperti melihat Toyota Corolla dari tampilan kalem dan elegan, serta memberi kesan bahwa bisa menjadi andalan untuk bermobilitas sehari-hari.

Baca Juga:
Pakai Platform dan Mesin Anyar, Generasi Terbaru Toyota Vios Meluncur di Thailand

Begitu juga ketika melihat bagian belakang, hanya saja Avanza lekukannya lebih banyak dari Corolla, yang mungkin untuk menunjukkan sisinya sebagai kendaraan utility vehicle.

Baca Juga:
Fitra Eri, Om Mobi, Ridwan Hanif dan Arief Muhammad Pajang Suzuki Jimny Challenge di GIIAS 2021

Interior Avanza terbaru sudah berubah total, dia terlihat lebih clean dan terkesan ada upaya naik kelas dibanding pendahulunya.

Selain itu kabinnya juga lebih lega, terutama kalau duduk di jok baris pertama dan kedua, karena kalau duduk di baris ketiga agak ‘ngepas’ baik ruang kaki maupun kepala, untuk tinggi badan kami yang sekitar 180 cm.

Salah satu yang unik dari Avanza adalah jok baris kedua bisa dibuat rebah dan menjadi sandaran kaki, sehingga membuat duduk di jok baris ketiga menjadi lebih nyaman.

Untuk membuat jok baris kedua menjadi sandaran kaki juga sangat mudah, yaitu dengan copot sandaran kepala, majukan posisinya, dan rebahkan sandarannya ke belakang.

Hanya saja masih ada kesan murah di Avanza, seperti bagian atas dasbor plastiknya masih seperti pendahulunya yang keras dan juga teksturnya kasar.

Selain itu AC double blower-nya juga terkesan murah karena memiliki desain yang mirip dengan adiknya yaitu Calya.

Bisa jadi Toyota memakai AC double blower tersebut alasannya lebih kurang sama dengan Calya, yaitu agar tidak menambah berat yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, serta menambah ruang kepala.

Meskipun sudah berpenggerak depan, rupanya masih ada tonjolan di lantai untuk penumpang baris kedua, meskipun lebih kecil dibanding pendahulunya.

Agak mengherankan mengapa tonjolan di lantai tersebut masih ada, padahal sudah berpenggerak depan.

Lain cerita apabila Avanza tersebut masih berpenggerak belakang karena untuk ruang kopel yang menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, cukup meyakinkan bahwa Avanza terbaru akan lebih kompetitif di kelas LMPV yang persaingannya kian memanas.

(Red.)