Terbagi Menjadi Dua, Area Test Drive di GIIAS 2021 Ini Lebih Panjang dan Menantang

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 18/Nov/2021 19:05 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – Gaikindo Indonesia International Auto Show 2021 memiliki dua area test drive yang ternyata masing-masing memiliki medan yang berbeda.

Seperti area test drive loading dock 7 yang bisa diakses dari Hall 7, medan area test drive-nya ternyata lebih panjang dibanding area test drive di loading hall 3-3a dengan akses dari Hall 1-5.

Baca Juga:
Kencang dan Praktis, BMW Indonesia Luncurkan Station Wagon Seri-5 Touring M Sport Facelift

Bukan hanya lebih panjang, medan area test drive loading dock 7 juga lebih menantang, terutama untuk mobil SUV dan MPV dengan dimensi panjang, serta sportscar karena rendahnya ground clearance.

Baca Juga:
Tambah Fasilitas Servis, Honda Wiltop Jambi Perkuat Layanan Purna Jual di Kabupaten Bungo

Seperti misalnya, area putar balik yang membuat pengemudi mau tidak mau membuat harus melewati medan yang sedikit menurun karena radius putarnya tidak cukup untuk satu jalur.

Baca Juga:
Semakin Mewah dan Punya Fitur Off-Road Lengkap, Lexus Indonesia Rilis SUV All-New LX

Arena seperti ini tentunya akan menantang buat pengemudi SUV dan MPV dengan sasis panjang, serta sportscar karena ground clearance-nya untuk menghadapi medan dengan sedikit turunan.

Namun yang paling menarik dari area test drive ini adalah, jalan ratanya lebih panjang sehingga lebih cocok untuk tes akselerasi.

Kebetulan, mobil yang ada di area test drive ini memiliki akselerasi kuat, seperti mesin Diesel turbo, mobil listrik baterai, dan sportscar.

Hanya saja jangan keasyikan mengebut karena ada speed bump kecil.

Area test drive ini memiliki beberapa kesamaan dengan yang di loading dock 3-3A, seperti ramp untuk mengetes tanjakan, dan mau tidak mau pengemudi harus melewati polisi tidur dengan jarak berdekatan.

Selain itu, mobil di area test drive ini juga kebanyakan berjenis MPV dan SUV, tetapi lebih banyak SUV-nya dibanding MPV.

Mobil terbaru yang bisa dites di area test drive ini hanya dari exhibitor hall 5-7 seperti Suzuki, Kia, Hyundai, Mitsubishi, dan Isuzu, serta Convention Hall yang hanya diisi BMW dan Mini.

Kehadiran BMW dan Mini inilah yang membuat hanya di area test drive tersebut pengunjung GIIAS bisa mencicipi sportscar, karena BMW menyediakan unitnya yaitu Seri-4 dan M2 Competition.

Sebelum test drive, pastikan patuhi prosedur yang ada, seperti wajib memiliki SIM A aktif, batas kecepatan maksimal 40 km/jam, dan dilarang menggunakan ponsel selama berkendara.

Tentunya protoko kesehatan juga wajib dijalankan, seperti memakai masker, menjaga jarak aman, memakai hand sanitizer, dan di dalam mobil maksimal 3 orang.

(Joule)