Pasar Sedan di Indonesia Meningkat, Toyota Hadirkan New Camry V Non-Hybrid

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 21/Nov/2021 13:07 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – Meski hanya display 1 unit di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, ternyata bukan pertanda bahwa pasar sedan Toyota di Indonesia melemah.

Pasalnya, baru-baru ini Toyota-Astra Motor (TAM) melalui keterangaan resminya mengabarkan bahwa tahun ini pasar sedannya meningkat dari level 3.700 unit ke 4.200 unit.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Peningkatan pasar sedan tersebut seiring dengan kondisi pasar otomotif nasional yang berangsur membaik dari level 580 ribu unit pada tahun 2020 ke level 911 ribu unit di tahun 2021 ini.

“Pertumbuhan positif pada pasar otomotif nasional, termasuk pada pasar sedan tentunya tidak lepas dari peran Pemerintah Indonesia yang senantiasa memberikan kemudahan bermobilitas bagi masyarakat.” buka Henry Tanoto, Vice President TAM dalam keterangan resminya (18/11/2021).

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Oleh karena itu, Toyota turut menghadirkan sedan menengah Camry V atau versi non-hybrid yang hanya bermesin pembakaran dalam saja tanpa motor listrik sama sekali.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

(sumber: Toyota)

Mengusung tema Athletic yet Prestige, New Camry hadir dengan tampilan eksterior yang lebih tegas dan elegan, serta sejumlah fitur baru yang membuatnya semakin advance dan berkelas.

Tampilan berwibawa khas sedan papan atas terpancar mulai dari sisi depan eksterior dengan adanya New Astonishing Front Bumper and Grille.

Namun New Camry V tidak dilengkapi New Sharp-Edged LED Rear Lamp with Red Reflex Reflector yang semakin menyegarkan tampilan belakang seperti di varian hybrid.

New Camry V dilengkapi dengan New Striking Silver Alloy Wheel berukuran 18 inchi yang dinamis serta New Bold Rear Lamp yang memperkuat kesan kokoh dan berkelas pada sisi belakang.

(sumber: Toyota)

Kabin New Camry semakin menunjukkan kelasnya sebagai sedan premium dan modern, berkat desain baru pada area dashboard yang dilengkapi layar multimedia model floating.

Namun Camry V tidak dilengkapi Toyota Safety Sense 2 seperti varian hybrid-nya, dengan fitur Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), Lane Departure Alert (LDA) hingga Automatic High Beam (AHB).

Akan tetapi, mesin 2.500 cc A25A-FKS New Camry V mengalami peningkatan tenaga dari 183 PS di 6.000 rpm menjadi 204 PS di 6.600 rpm.

Begitu juga torsinya, naik dari 23,9 Nm pada 4.100 rpm menjadi 24,8 Nm pada 5.000 rpm.

Mesin tersebut disalurkan oleh transmisi otomatis 8-percepatan terbaru yang membuat penyaluran tenaganya lebih efisien dan emisi CO2-nya lebih rendah.

Semua varian New Camry dilengkapi dengan advance feature terbaru yang menghubungkan mobil dengan seluruh layanan konektivitas Toyota melalui T Intouch.

Sayangnya, untuk saat ini Toyota hanya menghadirkan Camry varian hybrid di GIIAS 2021.

“Kami harap, New Camry tidak hanya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik kepada pelanggan saat bermobilitas, namun juga dapat menjadi bagian dari upaya bersama kami beserta pelanggan dalam menekan angka CO2 kedepannya,” pungkas Henry,

(Joule)