Mobil Elektrifikasi Semakin Banyak, Pameran Indonesia Electric Motor Show Kembali Diadakan

  • Oleh : Julfikri

Senin, 22/Nov/2021 16:20 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Pameran mobil elektrifikasi Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 kembali diadakan pada tanggal 24-26 November 2021.

Tahun ini IEMS diadakan oleh Badan Riset Industri Nasional (BRIN) setelah sebelumnya diadakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

IEMS 2021 mengusung tema innovation for better future e-mobility, atau inovasi untuk mobilitas elektrifikasi yang lebih baik, sehingga membuat mobil elektrifikasi tidak sekedar sebagai solusi transportasi.

“Kita melihat terkait persoalan mulai dari internet of things, bagaimana memanfaatkan artificial intelligence, sehingga ke depan e-mobility ini keharusan yang dilakukan.” buka Barman Tambunan, Ketua Pelaksana IEMS 2021 kepada SoundandMachine.com di konferensi pers virtualnya (22/11/2021).

IEMS 2021 diadakan dengan konsep hybrid, yaitu bisa diakses secara offline atau datang langsung, dan juga online atau melalui smartphone atau komputer dengan koneksi internet.

Untuk pameran offline, lokasi IEMS 2021 berada di Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi BRIN atau Gedung 720 Puspiptek, Serpong, Tangerang.

Sekedar tambahan informasi, sebelumnya IEMS 2021 diadakan di Balai Kartini, Jakarta, namun karena pandemi, diputuskan untuk di area Puspiptek dan outdoor.

Adapun exhibitor pabrikan mobil yang sudah konfirmasi untuk berpartisipasi di IEMS 2021 antara lain Toyota, Mitsubishi, Hyundai, Wuling, dan DFSK.

Kabarnya para exhibitor tersebut sudah selesai membangun booth, sehingga tinggal memasukkan produk.

Pabrikan tersebut tidak hanya display unit mobil elektrifikasinya, tetapi juga mengadakan test drive yang diadakan di sekitar area Puspiptek.

Dalam acara IEMS 2021 tersebut akan ada beberapa pembahasan atau seminar yang membahas teknologi electric vehicle, autonomous, charging station, kendaraan masa depan, hingga software terkait KLBB.

“Selain melaksanakan kegiatan berkaitan dengan motorshow, tetapi juga ada hal-hal yang kita membungkusnya dalam kata ‘riset’, karena BRIN akan menonjolkan hasil riset, penelitian, maupun industri yang memiliki teknologi, disampaikan dalam acara nanti.” jelas Barman.

IEMS 2021 terbuka untuk publik dan tidak dikenakan biaya, tetapi harus registrasi secara online melalui website resminya, yaitu http://www.electricmotorshow.id/.

(Joule)