Dukung Program Pemerintah, Mitsubishi Pamer Keunggulan Mobil Listrik di IEMS 2021

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 25/Nov/2021 15:40 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut mensukseskan perhelatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021.

Kehadiran MMKSI di IEMS 2021 tidak hanya mensukseskan, tetapi juga menunjukkan komitmen dan dukungan terhadap pemanfaaatan dan proses transisi era kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Baca Juga:
Makin Sporty, Mitsubishi Pasang Aksesori Ralliart di Pajero Sport dan Triton

“Partisipasi MMKSI dalam ajang IEMS 2021 merupakan salah satu wujud komitmen berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah Indonesia membangun lingkungan pendukung kendaraan listrik, dimana kami selalu mendukung dan berkontribusi pada tiap fase era kendaraan listrik di Indonesia,” buka Naoya Nakamura, Presiden Director PT. MMKSI dalam keterangan resminya (24/11/2021).

Di IEMS 2021, Mitsubishi menghadirkan sport utility vehicle (SUV) Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan kendaraan niaga listrik baterai Minicab MiEV.

Baca Juga:
First Drive Mitsubishi Minicab MiEV yang Dicoba Presiden Jokowi: Tenaga Listrik Lebih Asyik

Outlander PHEV merupakan SUV yang mengintegrasikan teknologi 4WD dan keunggulan sebuah PHEV, yang artinya bukan hanya memiliki performa tinggi tetapi juga keunggulan fungsi dari sebuah mobil elektrifikasi.

Baca Juga:
Hanya Ada Varian Limited, Ini Perbedaan Jeep Compass Baru dengan Model Lawas

Di sisi performa, Outlander PHEV memiliki dua motor listrik yang menjadi bagian dari sistem 4WD, dan Super-All Wheel Control, sehingga membuat akselerasinya kuat di jalan lurus, tetapi andal di tikungan.

Sementara keunggulan PHEV, tidak hanya berkontribusi mengurangi emisi CO2, tetapi juga bisa mengalirkan listrik dengan power supply hingga 1,5 kW yang cukup untuk berbagai kebutuhan.

Outlander PHEV sudah dijual untuk pasar Indonesia dengan harga Rp. 890.000.000,- yang lebih rendah dibanding ketika awal diluncurkan pada tahun 2019, yaitu sekitar Rp. 1,1 Milyar, dan itu sudah termasuk standard home charger.

Kemudian, Minicab MiEV meski berukuran mungil, tetapi memiliki spesifikasi yang luar biasa untuk ukuran kei-car, karena kendaraan tersebut dimensinya dibawah 3,4 meter untuk panjang, 1,48 meter untuk lebar, dan 2 meter untuk tinggi.

Minicab MiEV bertenaga 41 PS yang dibawah rata-rata kei-car dengan mesin 660 cc turbo. Namun torsinya sebesar 196 Nm yang jauh di atas rata-rata mesin kei-car 660 cc turbo, yaitu berada di rentang 90-an Nm.

Keunggulan lainnya adalah baterai 16 kWh dengan daya jelajah sejaub 150 km, dan radius putar sebesar 4,1 meter.

Meski belum dijual oleh PT. MMKSI, kehadiran Minicab MiEV sempat mencuri perhatian Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam kunjungannya ke Gaikindo Indonesia International Motor Show pada 17 November 2021 lalu.

Menariknya, selain display, MMKSI juga menyediakan unit test drive untuk Outlander PHEV dan Minicab MiEV di IEMS 2021 sehingga pengunjung bisa merasakan langsung.

Buat yang ingin test drive, IEMS 2021 hanya berlangsung dari tanggal 24 hingga 26 November 2021 di kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang.

(Joule)