Setelah Mejeng di GIIAS dan IEMS 2021, Mitsubishi akan Rilis Mobil Listrik Minicab MiEV

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 26/Nov/2021 11:10 WIB


SoundandMachine.com (Tangerang) – PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berencana untuk merilis kendaraan niaga ringan bertenaga listrik, Mitsubishi Minicab MiEV.

Perilisan tersebut diumumkan di sesi product presentation dalam perhelatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021.

Baca Juga:
Makin Sporty, Mitsubishi Pasang Aksesori Ralliart di Pajero Sport dan Triton

“Di tahun 2022 nanti, kita akan studi pasar kendaraan EV tapi niaga. Kami juga melihat bahwa memberikan solusi EV bagi pelaku bisnis.” buka Irwan Kuncoro, Director Sales and Marketing PT. MMKSI kepada SoundandMachine.com di Kawasan Puspiptek, Tangerang (25/11/2021).

Perilisan Minicab MiEV merupakan bagian dari strategi Mitsubishi untuk memasukkan kendaraan listrik baterai (BEV) secara bertahap.

Baca Juga:
First Drive Mitsubishi Minicab MiEV yang Dicoba Presiden Jokowi: Tenaga Listrik Lebih Asyik

Itu berarti untuk memasukkan kendaraan BEV, MMKSI memulainya dari kendaraan niaga ringan yang nantinya akan tersedia untuk kendaraan penumpang.

Hanya saja, perilisan Minicab MiEV di Indonesia baru untuk studi pasar, dengan pertimbangan kondisi infrastruktur di SPKLU yang tersedia di Indonesia.

Baca Juga:
Hanya Ada Varian Limited, Ini Perbedaan Jeep Compass Baru dengan Model Lawas

“Kami akan melakukan market studi dengan perusahaan, dan juga pemerintah untuk melihat potensi di Indonesia. Bekerjasama dengan beberapa perusahaan logistik, whole company, dan airport service.” jelas Irwan.

(sumber: Mitsubishi)

Sekedar tambahan informasi, di Jepang Minicab MiEV telah digunakan oleh kantor pos, perusahaan pengiriman barang, dan airport service.

Minicab MiEV merupakan kendaraan niaga ringan BEV dengan spesifikasi kei-car, karena dimensinya dibawah 3,4 meter untuk panjang, 1,48 meter untuk lebar, dan 2 meter untuk tinggi.

Motor listriknya bertenaga 41 PS, yang dibawah rata-rata kei-car dengan mesin 660 cc turbo, tetapi torsinya sebesar 196 Nm.

Torsi tersebut jauh di atas rata-rata mesin kei-car 660 cc turbo, yaitu berada di rentang 90-an Nm.

Keunggulan lainnya, baterai Minicab MiEV sebesar 16 kWh dengan daya jelajah sejauh 150 km, dan radius putar sebesar 4,1 meter.

Kehadiran Minicab MiEV sempat menarik Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mencobanya, ketika berkunjung ke Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) pada 17 November 2021 lalu.

“BEV ini akan memberikan keuntungan ekonomis dimana running cost-nya lebih efisien dan tentunya tidak menghasilkan gas buang sama sekali.” pungkas Irwan.

(Joule)