Bakal Meluncur Tak Lama Lagi, Kia Carens Terbaru Berubah Jadi SUV?

  • Oleh : ADV

Jum'at, 03/Des/2021 15:04 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Seakan tidak mau ketinggalan dengan saudaranya, Hyundai, yang fokus menghadirkan beragam model terbaru untuk tahun 2022, kini giliran Kia yang berencana menghadirkan kendaraan terbaru pada penghujung 2021 ini.

Rencananya, produsen mobil asal Korea tersebut akan menghadirkan kembali model MPV yang sempat mati suri, yakni Carens. Awalnya banyak yang meyakini bahwa kendaraan ini tidak akan lagi diteruskan oleh Kia untuk diproduksi.

Baca Juga:
Tampilkan Lima Model Unggulannya di JAW 2023, KIA Serah Terima Pembeli Pertama Kia EV6

Namun dari adanya video berdurasi pendek yang dibagikan oleh Kia, diketahui bahwa Carens baru bakal kembali dirilis pada 16 Desember 2021. Label Kia Carens sendiri bukan hal yang baru dan sudah digunakan selama tiga generasi, dari tahun 1999 hingga 2018. 

Baca Juga:
Usung Konsep Experience Showroom Multi Brand, Indomobil Plaza Hadirkan Lima Merek di IIMS 2023

Bila selama ini kita mengenal Carens sebagai sebuah MPV, namun model terbarunya akan mengusung tampilan yang lebih mirip SUV. Apalagi, menurut Hindustan Times, Carens terbaru akan berbagi platform dengan Hyundai Alcazar.

Kia pun menyebut Carens anyar itu sebagai Recreational Vehicle (RV). Sehingga, Kia memberikan perhatian khusus untuk memastikan Carens mampu mengakomodasi jumlah anggota keluarga yang lebih banyak dengan menyematkan 7 buah kursi.

Baca Juga:
GIIAS 2022: Kenalkan Generasi Baru Carens dan Sportage, Kia Bawa Tiga Mobil Elektrifikasi Gres

Dalam video teaser yang dirilis oleh Kia, menunjukkan siluet SUV yang tinggi dan ramping, dengan lampu LED daytime running berbentuk V yang khas dan lampu belakang full-width ala Sportage. 

Sayanya, belum ada detail teknis yang diungkapkan, tetapi diharapkan mobil tersebut berbagi mesin dan girboksnya dengan Alcazar. Mesin Alcazar, menggunakan mesin bensin 2.000 cc empat silinder, yang memiliki tenaga 159 PS dan torsi 191 Nm atau turbodiesel 1.500 cc bertenaga 115 PS dan torsi 250 Nm. (EPS)