Toyota Berencana Sematkan Mesin Hidrogen di GR Yaris

  • Oleh : ADV

Jum'at, 03/Des/2021 16:12 WIB


SoundandMachine.com (Tokyo) - Toyota GR Yaris, telah resmi meluncur pada awal tahun lalu di Tokyo Auto Salon 2020. Mobil dengan tampilan sporty dan bergaya reli ini, mampu menyita perhatian pada penggemar otomotif di berbagai negara dan mereka sangat tertarik untuk memiliki.

GR yaris, dibekali mesin dengan performa tinggi, hal itu lah yang membuatnya semakin diburu oleh para pecinta kecepatan. Bahkan di Indonesia, dari sekitar 120 unit yang didatangkan, semuanya sudah ludes terjual.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Sebagai pengembangan, serta menghasilkan emisi yang lebih bersih, baru-baru ini Toyota dikabarkan telah memamerkan teknologi mesin pembakaran hidrogen eksperimentalnya di GR Yaris.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Akio Toyoda, selaku Presiden Direktur Toyota mengatakan, mesin tiga silinder 1.6 liter turbocharged G16E-GTS, yang menjadi bawaan Yaris, telah diadaptasi untuk menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar.

"Kami telah mengambil langkah pertama untuk bersaing dan mengembangkan mesin bertenaga hidrogen kami, dengan pola pikir menghadapi tantangan. Saya membayangkan hal-hal akan terlihat sedikit berbeda 10 tahun dari sekarang," tuturnya.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Seperti diketahui, Toyota selama ini memang dikenal sebagai salah satu pabrikan yang fokus mengembangkan teknologi mesin berbahan bakar hidrogen yang lebih ramah lingkungan, dibanding bahan bakar dari fosil.

Aiko melanjutkan, mesin pembakaran internal dari hatchback tiga pintu itu, akan menggunakan sistem suplai dan injeksi bahan bakar yang dimodifikasi, sedangkan bahan bakar hidrogen, tangki, dan proses pengisian bahan bakarnya, sama dengan milik Mirai yang telah tersedia di pasaran.

"Kendaraan hidrogen mampu menghasilkan energi melalui proses kimia di sel bahan bakarnya," jelas Aiko. Menariknya, mesin bertenaga hidrogen untuk GR Yaris ini ternyata juga telah diterapkan di Corolla Sport yang berlaga di seri balap Super Taikyu di Jepang.

Mesin berbahan bakar hidrogen ini, juga telah terbukti mampu melaju dalam perlombaan ketahanan 24 jam, sehingga dengan cara ini Toyota seakan mampu menunjukkan kepada dunia potensi mesin hidrogen. 

Sebagati tambahan informasi, dalam kondisi standar mesin GR Yaris mampu menghasilkan tenaga 261 PS pada 6.500 rpm dan torsi 360 Nm dari 3.000 rpm hingga 4.600 rpm. (EPS)