Subaru WRX Terbaru Meluncur di Jepang, Begini Spesifikasinya

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 05/Des/2021 10:18 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Sport sedan Subaru WRX telah resmi diluncurkan di negara asalnya yaitu Jepang, setelah tampil perdana di Amerika Serikat.

WRX, yang di Jepang dinamakan WRX S4, tampil dengan konsep styling Dynamic x Solid yang membuatnya terlihat seperti paduan antara sport sedan dengan SUV.

Baca Juga:
Suguhkan Trek Bervariasi, Subaru Indonesia Club Gelar Safety Driving Auto Cross

Untuk pasar Jepang, WRX S4 memiliki 4 tipe, yaitu GT-H, GT-H EX, STI Sport, dan STI Sport R, dimana pembedanya adalah tampilan eksterior, interior, serta fitur.

Baca Juga:
Angka Penjualan Terus Meningkat, Subaru Indonesia Fokus Pertahankan Dua Segmen Ini

(sumber: Subaru)

Dimulai dari GT-H, untuk eksterior memakai pelek berwarna hitam.

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Kemudian untuk interior, tipe GT-H memakai warna hitam dengan aksen merah pada jahitan material soft touch-nya, dan panel instrumen analog dengan layar multi-informasi di tengahnya.

Selain itu tipe GT-H memakai layar multimedia sebesar 7 inci.

(sumber: Subaru)

Untuk tipe GT-H EX, tampilan eksterior dan interiornya sama seperti GT-H, namun sistem keselamatan aktifnya sudah Eyesight X yang lebih canggih, karena bukan hanya lebih aman, tetapi juga mengurangi lelah, karena berkendara di jalan tol.

Selain itu, panel instrument tipe GT-H EX sudah full digital, dan layar multimedianya sudah 11,6 inci sebagai standar, sementara untuk tipe GT-H layar tersebut opsional.

(sumber: Subaru)

Berikutnya untuk STI Sport R, pada prinsipnya tipe GT-H yang dibuat lebih sporti melalui tampilan dan fitur performa.

Untuk tampilan eksterior, STI Sport R memakai pelek yang desainnya sama seperti GT-H ataupun GT-H EX, namun berfinishing hitam dan diamond cut, serta badge STI di gril dan pintu bagasi.

Sementara untuk interior, tipe STI Sport R memiliki aksen warna merah di jok dan door trim, konsol tengah, dan panel instrumen.

(sumber: Subaru)

Selain itu, Subaru menyediakan jok Recaro sebagai opsional mulai dari STI Sport R.

Tipe STI Sport R juga sudah dilengkapi drive mode select yang bisa mengatur karakteristik suspensi berdasarkan preferensi pengemudi.

Terakhir untuk tipe STI Sport R EX, dibanding STI Sport R perbedaannya hanya pada layar 11,6 inci dan Eyesight X, jadi pada prinsipnya tipe GT-H EX yang dibuat lebih sporti.

Untuk mesin, semuanya berkapasitas 2.400 cc turbo bertenaga 275 PS, dan hanya disalurkan oleh transmisi otomatis 8-percepatan Subaru Performance Transimission, berbeda dengan versi pasar Amerika Serikat yang juga tersedia transmisi manual 6-percepatan.

Transmisi tersebut memiliki karakter performa dibanding lineartronic CVT, karena rasionya lebih rapat dan perpindahannya lebih cepat.

Sektor engineering lainnya seperti chassis, suspensi, dan sebagainya, tidak ada perbedaan di antara tipe.

Misalnya masuk Indonesia, kira-kira bakal kayak gimana ya?

(Joule)