Wah, Usia Produksi Toyota GR 86 di Eropa Hanya 2 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya!

  • Oleh : ADV

Kamis, 09/Des/2021 17:08 WIB


SoundandMachine.com (London) - Toyota GR 86 telah diluncurkan awal pada bulan April tahun ini. Selanjutnya, Toyota GR 86 telah menyapa para pengemarnya di Eropa, dengan unit pertama dijadwalkan tiba di diler pada musim semi 2022. 

Namun, para pelanggan di Eropa yang belum kebagian, rasanya harus buru-buru untuk melakukan pemesanan. Pasalnya, Toyota Motor Europe (TME) telah mengkonfirmasi bahwa produksi GR 86 untuk wilayah tersebut, akan dibatasi hanya selama dua tahun saja.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Dalam rilis resmi Toyota Eropa, produsen mobil asal Jepang tersebut mengatakan, bahwa dengan produksi terbatas untuk Eropa, menjadikan GR 86 sebagai mobil sport yang ekslusif untuk pelanggan. Lalu, mengapa umur GR 86 begitu singkat di Eropa?

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Dari kabar yang beredar, hal ini dikarenakan GR 86 tidak memenuhi peraturan keselamatan Eropa yang akan berlaku dalam beberapa tahun kedepan. Bagian yang disorot yakni desain atapnya, yang dianggap kurang aman. 

Akibatnya, untuk memenuhi peraturan baru, Toyota harus merubah struktur atapnya untuk diperbaiki. Tentu saja ini akan membutuhkan biaya yang tinggi dan Toyota memutuskan untuk tidak melakukannya.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Tom Fux, wakil presiden senior TME, mengatakan GR 86 sangat bagus dan penting untuk citra merek Toyota di Eropa, dengan sekelompok pelanggan yang bersemangat yang pasti akan tertarik dengan model baru.

"Namun pada akhirnya, kami memutuskan hal penting untuk menawarkan kendaraan ini, dan kemudian kami perlu menghentikan kendaraan, karena tidak akan memenuhi persyaratan baru di masa depan," tuturnya.

Waktu dua tahun yang tersisa, dinilai menjadi saat yang tepat,  sekaligus memberikan kesempatan bagi pelanggan yang antusias untuk mendapatkan kendaraan tersebut. Sebagai tenaga penggerak, Toyota GR86 menggendong mesin boxer 4 silinder 2.400 cc.

Mesin tersebut, menghasilkan tenaga 231 hp dan torsi 250 Nm. Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6 percepatan. Bicara kemampuan akselerasi, GR 86 akan mencapai 100 km/jam hanya dalam waktu 6,3 detik. (EPS)