Targetkan Pengemudi Berbagai Usia, Suzuki Rilis Kei-Car Alto Generasi Baru

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 11/Des/2021 10:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Suzuki rilis generasi terbaru untuk mobil kei-car-nya, yaitu Suzuki Alto.

Suzuki Alto generasi terbaru masih mengusung DNA yang sama dari sejak pertama diluncurkan, yaitu kombinasi antara kemudahan pemakaian dan tingkat keekonomisan tinggi.

Hanya saja dengan beberapa penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan zaman, mulai dari desain hingga fiturnya.

(sumber: Suzuki)

Eksterior Alto mengusung konsep desain yang sederhana dan bergaya retro, tetapi maknanya adalah “easy”, “safety”, dan “attachment” dimana semua pengemudinya bisa merasakan peace of mind selama berkendara.

Selain itu, desain eksterior Alto juga dirancang bagaimana supaya bisa diterima oleh orang dengan berbagai usia, dan Suzuki membuatnya membulat agar terkesan familiar untuk beragam usia.

Dimensi Alto juga dibuat lebih tinggi 50 mm, yang memungkinkan Suzuki untuk membuat interiornya lebih lega 45 mm untuk tinggi dan 25 mm untuk lebar.

Meski demikian, Alto tetap dikategorikan sebagai kei-car dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.525 mm.

(sumber: Suzuki)

Interior sama halnya dengan eksterior, yaitu juga dirancang dengan makna “easy”, “safety”, dan “attachment”, melalui bentuk yang dirancang bagaimana supaya orang tidak lelah ketika harus berkendara setiap hari.

(sumber: Suzuki)

Oleh karena itu, warna navy pada panel instrumen dan door trim memberi kesan nyaman, dan jok berbahan seperti denim dikombinasikan dengan berwarna cokelat, agar terlihat lebih familiar untuk orang berbagai generasi.

(sumber: Suzuki)

Alto terbaru menggunakan sistem mild hybrid, dimana generator motor listrik dengan baterai lithium-ion tersebut membantu menekan konsumsi bahan bakar, dan juga membuatnya lebih responsif.

Pasalnya, Alto memiliki mesin konvensional 660 cc bertenaga 49 PS, ditambah motor listrik bertenaga 2,6 PS.

Sementara mesin konvensional 660 cc, yaitu R06A dengan tenaga 46 PS, memiliki sistem “Energy Change” yang menghasilkan energi ketika melakukan deselerasi, sehingga konsumsi BBM bisa ditekan.

Alto juga sudah dilengkapi sistem keselamatan aktif “Suzuki Safety Support” melalui dual camera brake support yang membantu mencegah terjadinya benturan.

Sistem tersebut bisa mendeteksi pejalan kaki di malam hari, lane departure warning, high beam assist, dan sistem yang bersifat mencegah lainnya, hingga melakukan pengereman secara otomatis apabila terdeteksi berpeluang terjadinya benturan.

(sumber: Suzuki)

Selain itu, Alto juga sudah dilengkapi 6 airbag sebagai standar, yang berada di setir, dasbor, samping jok, dan curtain airbag.

Alto memakai platform HEARTECT dengan annular skeleton structure yang ringan namun tetap kaku, lebih melindungi ketika terjadi benturan, dan meningkatkan peredaman apabila berkendara di tengah hujan.

Masuk Indonesia gak ya?

(Joule)