Daihatsu Himax Dapat Penyegaran di Jepang, Teknologinya Makin canggih

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 22/Des/2021 11:58 WIB
Daihatsu Hijet, yang sempat masuk Indonesia menjadi Daihatsu Himax, di Jepang sudah facelift dan lebih berteknologi (sumber: Daihatsu) Daihatsu Hijet, yang sempat masuk Indonesia menjadi Daihatsu Himax, di Jepang sudah facelift dan lebih berteknologi (sumber: Daihatsu)

SoundandMachine.com (Jepang) – Kawan SoundandMachine mungkin masih ingat kendaraan komersil mungil yang berbasis kei-car Daihatsu Hijet, yaitu Daihatsu Himax.

Di Jepang sana sudah facelift dan lebih canggih, dengan memakai teknologi Daihatsu New Global Architecture (DNGA), serta sejumlah fitur kenyamanan lainnya.

Baca Juga:
Semakin Membaik, Penjualan Daihatsu di Kuartal Pertama 2022 Mendekati Kondisi Normal

Eksterior Hijet mengalami sedikit perubahan pada wajah yang mencakup lampu LED, foglamp LED, garnish depan, dan bumper.

Namun bumper depannya telah terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian atas dan bawah, dan hanya bisa diganti dengan bagian bawahnya, sehingga mampu menghemat biaya perbaikan apabila terjadi kerusakan.

Baca Juga:
Penjualan Daihatsu di Kuartal I 2022 Naik 55 Persen, Model ini Paling Laku

Selain itu, bodi dan frame-nya memakai material plat galvanis, dan bak lebih tebal sehingga lebih kuat dan juga tahan karat ketika menghadapi berbagai kondisi cuaca.

Baca Juga:
9 Hari Pameran, Daihatsu Catatkan 161 SPK di Jakarta Auto Week 2022

(sumber: Daihatsu)

Hijet facelift memiliki 25 kail yang lebih memudahkan penggunanya untuk bekerja, dan membuat angkutannya lebih aman, seperti misalnya ketika harus mengikat barang di bak.

(sumber: Daihatsu)

Kemudian untuk interior, panel instrumennya dibuat lebih jelas terlihat dan jok ditingkatkan durabilitasnya.

Hijet terbaru memiliki fitur yang membuat bekerja lebih nyaman, dan itu pertama di kelasnya.

(sumber: Daihatsu)

Untuk pekerjaan pengangkutan barang, Hijet baru dilengkapi loading platform floor length dan lampu LED untuk memudahkan pekerjaan di malam hari.

Selain itu, Hijet terbaru juga sudah memakai remote untuk kunci, buka tutup pintu, dan menyalakan mesin, serta spion retractable elektrik, sehingga membuat bekerja lebih nyaman dan aman.

(sumber: Daihatsu)

Teknologi DNGA yang tersemat dalam Hijet antara lain transmisi CVT untuk performa dan konsumsi bahan bakar lebih baik, dan itu pertama kalinya diterapkan di kendaraan berpenggerak belakang Daihatsu.

Transmisi CVT tersebut gear ratio-nya lebih lebar, dan tenaganya sudah tersalurkan dari gigi paling rendah.

Setting-an transmisi CVT-nya juga dibuat lebih linear, sehingga bisa melaju lebih halus, termasuk ketika melewati tanjakan, sekaligus lebih hening.

(sumber: Daihatsu)

Selain itu, teknologi DNGA di Hijet ada pada sistem keselamatan aktif Smart Assist, dengan peningkatan kemampuan mendeteksi dan respon untuk mencegah terjadinya benturan.

Kemampuan mendeteksi sistem Smart Assist tersebut sampai pada kendaraan lain, pengendara roda dua, dan pejalan kaki di malam hari.

Smart Assist tersebut juga bekerja melakukan pengereman secara otomatis apabila terjadi kekeliruan pada saat start, untuk varian transmisi manual.

Melalui perilisan Hijet facelift menunjukkan bahwa, Daihatsu mulai memberi perhatian pada kendaraan komersil layaknya kendaraan penumpang melalui sejumlah fitur canggihnya.

Siapa bilang kendaraan komersil gak boleh canggih? (Joule)