Kaleidoskop 2021: SUV Kompak 5-Seater Rp. 200 Jutaan Menyerbu Pasar Otomotif Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 29/Des/2021 07:50 WIB
SUV kompak yang dirilis 2021 dengan harga Rp. 200 jutaan: Toyota Raize, Daihatsu Rocky, MG ZS SUV kompak yang dirilis 2021 dengan harga Rp. 200 jutaan: Toyota Raize, Daihatsu Rocky, MG ZS

SoundandMachine.com (Jakarta) – SUV kompak kian menyerbu pasar otomotif Indonesia di tahun 2021. Meski bukan 7-seater yang notabene paling diminati di Indonesia, SUV 5-seater pasarnya cukup menjanjikan, terlebih dengan harga sekitar Rp. 200 jutaan.

Serbuan SUV kompak tersebut menjadi salah satu isyarat bahwa mobil berjenis ini pasarnya tergolong tinggi di Indonesia, dan kompetitif dengan mobil kompak serta semakin melemahkan pasar sedan 4-pintu.

Baca Juga:
Kendaraan Komersial Bertenaga Listrik Pertama di Indonesia ini Siap Dukung KTT G20

Setidaknya ada 3 pabrikan yang merilis SUV kompak 5-seater pada tahun 2021, yaitu MG, Toyota, dan Daihatsu.

Toyota Raize

Baca Juga:
Gandeng OLX Autos, IMX 2022 Akan Hadirkan Konten Modifikasi Berbasis Mobil Bekas

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Factory Visit Aki Massiv: Usung Teknologi Terkini, Produksi Indonesia untuk Pasar Otomotif Dunia

PT. Toyora Astra Motor memanfaatkan momen relaksasi PPnBM dalam perilisan Raize di Indonesia, tepatnya 30 April 2021. Dengan harga mulai dari Rp. 219 jutaan, konsumen bisa membeli Raize dengan mesin 1.000 cc turbo, dan menjadi mobil Toyota bermesin turbo paling murah.

Dirakit di Indonesia, fitur yang ditawarkan Raize sudah tidak lagi bisa dikatakan “pelit fitur” karena cukup mendekati dengan Raize pasar Jepang. Sebut saja panel instrumen digital, AC digital, Vehicle Stability Control, dan sebagainya.

Bahkan untuk tipe termahalnya yang sudah memakai bodykit GR Sport dan Toyota Safety Sense, harganya masih di bawah Rp. 300 juta, tepatnya Rp. 264,6 juta.

Daihatsu Rocky

(sumber: Daihatsu)

Bersamaan dengan Raize, Daihatsu juga merilis SUV kompaknya yaitu Rocky, nama yang sama dengan SUV keluaran tahun 1990-an namun sudah berbeda konsep produk.

Rocky menawarkan styling yang berbeda dengan Raize, namun harganya lebih terjangkau, yaitu Rp. 214,2 Juta, menjadi mobil turbo paling terjangkau di Indonesia, mengalahkan rekor Nissan Magnite.

Bahkan dengan fitur keselamatan aktif Advanced Safety Assist, Rocky masih jauh lebih murah dari Raize dengan harga Rp. 236,1 Juta.

MG ZS Facelift

(sumber: MG)

MG merilis ZS facelift pada tanggal 9 September 2021, dengan harga yang cukup mengejutkan, yaitu mulai dari Rp. 269,8 juta. Harga tersebut selisihnya Rp. 5 jutaan lebih mahal dari Raize tipe tertinggi, yaitu 1.0T GR Sport TSS,

Dibanding Raize GR Sport, ZS memiliki dimensi 293 mm lebih panjang, 99 mm lebih lebar, dan wheelbase 60 mm lebih panjang, meskipun ZS 7 mm lebih pendek, sehingga bisa dibilang jatuhnya berada di kelas yang berbeda.

Selain itu, tampilan interior ZS juga terlihat lebih berkelas, ditambah fitur electric parking brake dan auto-hold, yang tidak ada di Raize tipe tertinggi sekalipun.

MG ZS facelift memakai mesin 1.500 cc tanpa turbo, tetapi bertenaga 114 PS di 6.000 rpm yang disalurkan oleh transmisi CVT 8-percepatan, sementara Raize dengan mesin 1.000 cc turbo, tetapi tenaganya 98 PS di 6.000 rpm.

Tidak mengherankan jika ZS bisa habis terjual di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Dengan tingginya prospek SUV kompak 5-seater di Indonesia, jangan kaget jika 2022 akan lebih banyak mobil berjenis ini.

(Joule)