Sabet Gelar K Car of The Year, N-ONE Jadi Satu-Satunya Honda RS di Jepang

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 29/Des/2021 15:18 WIB
N-ONE, satu-satunya Honda yang tersedia varian RS di Jepang (sumber: Honda) N-ONE, satu-satunya Honda yang tersedia varian RS di Jepang (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jepang) – Mobil mungil Honda N-ONE baru-baru ini dikabarkan meraih gelar K Car of the Year untuk penganugerahan Japan Car of The Year 2021-2022, karena pertama bermesin 660 cc turbo yang disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan ke roda depan.

Namun tidak semua varian N-ONE memiliki mesin, transmisi, dan penggerak roda yang mengantarkannya meraih K Car of the Year, melainkan hanya tipe Road Sailing atau RS, yaitu varian sportinya.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Tahukah kawan SoundandMachine bahwa N-ONE merupakan satu-satunya Honda yang ada varian RS di Jepang?

Setidaknya di awal tahun 2020, varian RS sempat ada di beberapa tipe Honda yang beredar di Jepang, yaitu Vezel (HR-V), Fit (Jazz), N-ONE, dan Jade. Namun secara perlahan, varian RS mulai berkurang.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Honda Fit RS (sumber: Honda)

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Meski menjadi model pertama yang membangkitkan varian RS hingga mendunia, nyatanya Honda tidak melanjutkan tipe RS pada mobil kompak Fit sejak ganti model pada Februari 2020 silam.

Sementara untuk varian sporti, Honda lebih condong ke Modulo X untuk diterapkan ke Fit, dan itupun bermesin hybrid.

Honda Jade RS (sumber: Honda)

Kemudian Jade, Honda pertama dengan mesin 1.500 cc turbo yang di kemudian hari diterapkan di Civic dan CR-V, dihentikan produksinya pada bulan Juli 2020 silam.

Honda Vezel RS (sumber: Honda)

Berikutnya Vezel, setelah ganti model pada bulan April 2021, tidak ada lagi varian RS seperti di generasi sebelumnya.

Seperti Fit, Vezel akan mendapat varian sporti Modulo X dalam perhelatan Tokyo Auto Salon 2022 mendatang.

Honda N-ONE RS generasi pertama (sumber: Honda)

Alhasil, Honda masih mempertahankan varian RS di N-ONE mulai dari 2017 hingga ganti model pada November 2020 silam, dan untuk pertama kalinya menyematkan transmisi manual 6-percepatan.

Tentunya berbeda dengan di luar Jepang seperti di Indonesia, dimana varian RS ada di banyak model, yaitu Brio, Mobilio, City Hatchback, dan Civic.

Bahkan emblem RS tersemat di mobil konsep Honda yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), dan rumornya RS ada di HR-V terbaru.

(Joule)