Kaleidoskop 2021: Persaingan Low MPV Jepang Rp. 200 jutaan Kian Memanas

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 30/Des/2021 15:23 WIB
Deretan LMPV pabrikan Jepang yang dirilis pada tahun 2021: Mitsubishi Xpander facelift (kiri-atas), Toyota All New Avanza (kanan-atas), Daihatsu All New Xenia (kiri-bawah), Suzuki Ertiga Suzuki Sport FF (kanan-bawah) (sumber: Mitsubishi, Toyota, Daihatsu, Suzuki) Deretan LMPV pabrikan Jepang yang dirilis pada tahun 2021: Mitsubishi Xpander facelift (kiri-atas), Toyota All New Avanza (kanan-atas), Daihatsu All New Xenia (kiri-bawah), Suzuki Ertiga Suzuki Sport FF (kanan-bawah) (sumber: Mitsubishi, Toyota, Daihatsu, Suzuki)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Pada tahun 2021, industri otomotif Jepang ramai-ramai mengeluarkan salah satu mobil yang jenisnya paling diminati di Indonesia, yaitu Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV).

Mereka memperbarui produk LMPV yang sudah ada, agar lebih kompetitif dan banyak memikat para konsumen di tanah air. Menariknya, perilisan LMPV terbaru tersebut dilakukan dalam waktu hampir bersamaan, sehingga persaingannya kian memanas.

Baca Juga:
Kendaraan Komersial Bertenaga Listrik Pertama di Indonesia ini Siap Dukung KTT G20

Dengan rentang harga Rp. 200 jutaan, setidaknya, ada 4 pabrikan otomotif Jepang yang mengeluarkan LMPV terbaru di tahun 2021, yaitu Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, dan Suzuki.

Mitsubishi Xpander Facelift

Baca Juga:
Gandeng OLX Autos, IMX 2022 Akan Hadirkan Konten Modifikasi Berbasis Mobil Bekas

(sumber: Mitsubishi)

Baca Juga:
Factory Visit Aki Massiv: Usung Teknologi Terkini, Produksi Indonesia untuk Pasar Otomotif Dunia

Mitsubishi sudah lebih dulu memperbaru LMPV-nya yaitu Xpander pada tanggal 8 November 2021. Xpander facelift tampil lebih up to date dengan wajah dynamic shield baru.

Interior bukan hanya lebih segar dengan desain dasbor dan setir baru, tetapi juga sudah memakai electronic parking brake dan auto hold khusus transmisi otomatis yang sudah CVT.

Dengan rentang harga Rp. 249,9 juta hingga Rp. 299,7 juta sebelum PPnBM, Xpander juga sudah memakai suspensi baru yang dilengkapi katup, dan bagian belakang dengan ukuran lebih besar, sehingga membuatnya lebih nyaman dan tangguh.

Meski sekedar facelift, Xpander masih kompetitif dengan para kompetitornya yang sudah generasi baru atau All New.

Toyota All New Avanza-All New Veloz

Toyota All New Avanza (kiri) dan All New Veloz (kanan) (sumber: Toyota)

Toyota merilis LMPV dua sekaligus, yaitu All New Avanza dan Veloz pada tanggal 10 November 2021, sehari sebelum perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Perubahan tersebut, selain desain eksterior dan interior, juga platform baru dengan penggerak depan yang diklaim akan tetap seperkasa produk pendahulunya sehingga DNA-nya terjaga, namun lebih efisien bahan bakar.

Avanza-Veloz juga mendapat sejumlah penambahan fitur, yaitu Toyota Safety Sense khusus varian tertinggi dengan transmisi otomatis yang sekarang sudah CVT.

Toyota mulai membedakan segmentasi pasar antara Avanza dan Veloz, dimana Avanza lebih ekonomis dengan rentang harga Rp. 206,2 juta hingga Rp. 264,4 juta, sementara Veloz, dengan harga antara Rp. 251,2 juta hingga Rp. 291,5 juta, mendekati segmen premium melalui fitur-fitur seperti electric parking brake.

Daihatsu All New Xenia

(sumber: Daihatsu)

Sehari setelah peluncuran All New Avanza-Veloz, Daihatsu meluncurkan All New Xenia bertepatan dengan perhelatan GIIAS 2021, yaitu 11 November 2021.

Daihatsu mulai membedakan Xenia dengan Avanza melalui desain eksterior dan interior yang sporti, sementara Avanza karakternya lebih ke elegan.

Seperti Avanza, Xenia juga sudah memakai platform baru dengan penggerak depan untuk pertama kalinya, dengan sejumlah fitur yang lebih kurang sama, termasuk sistem keselamatan aktifnya.

Itu berarti Xenia tidak lagi sekedar lebih murah dari Avanza, yaitu di rentang Rp. 190,9 juta hingga Rp. 244,2 juta, tetapi juga sebagai pilihan bagi konsumen yang menginginkan LMPV bergaya sporti.

Suzuki Ertiga Suzuki Sport FF

(sumber: Suzuki)

Suzuki juga ikut arus untuk menambah varian dari LMPV yang sudah ada, yaitu Ertiga Suzuki Sport FF pada tanggal 11 November 2021 silam.

Ertiga Suzuki Sport FF tampil lebih sporti dengan desain baru pada bodykit dan gril depan, warna two-tone, interior dengan jahitan warna merah di jok, dan spion digital.

Dengan harga mulai dari Rp. 258,3 juta, sayangnya Ertiga Suzuki Sport FF minus sistem keselamatan aktif seperti kompetitornya yang ditawarkan dengan harga lebih rendah.

(Joule)