Hertz CPK 165, Speaker untuk 2 Aliran Modifikasi Car Audio

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 31/Des/2021 13:48 WIB
Hertz CPK 165, Speaker 2-Way yang bisa untuk 2 aliran modifikasi car audio (sumber: Hertz) Hertz CPK 165, Speaker 2-Way yang bisa untuk 2 aliran modifikasi car audio (sumber: Hertz)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Hertz memiliki produk car audio inovatif, dimana speaker tersebut bisa untuk berbagai aliran modifikasi audio, yaitu CPK 165. Pasalnya, speaker 2-way tersebut bisa untuk aliran Sound Quality (SQ), dan Sound Quality Loud (SQL).

CPK 165 bisa untuk aliran SQL karena teknologi dan materialnya bisa menghasilkan kualitas suara yang baik, serta power handling hingga 315 W.

Baca Juga:
Audioworkshop Luncurkan Speaker Focal Slatefiber dan Auditor Series di GIIAS 2022

“Artinya jenis lagu jazz, rock, bahkan sampai RnB yang butuh bass extra, midbass ini sanggup memainkannya dengan baik.” buka Johnson Nagawan, Chief Operating Officer PT. Audioworkshop dalam video YouTube-nya (7/3/2020).

CPK 165 memiliki teknologi V-Cone dan boundary free surround yang mampu memancarkan suara, sehingga menghasilkan SPL tinggi dengan dimensi ringkas, sekaligus memperluas respon frekuensi rendah.

Baca Juga:
Siap-siap, Audioworkshop Akan Tebar Promo Hujan Emas Selama Pameran di GIIAS 2022

Berhubung dimensinya ringkas, speaker tersebut bisa dipasang di berbagai pintu mobil sehingga untuk memasangnya tidak memerlukan modifikasi pada door trim.

“Dengan desain seperti ini, Anda bisa meletakkan midbass ini dimanapun, tapi tetap suara vocal dan bass-nya tetap sampai ke telinga pendengar. Dengan posisi standar, Anda bisa mendapatkan suara yang stagingnya bisa naik tanpa harus memodifikasi panel pintu.” tambah Johnson.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Cartens Garap Upgrade Audio System 3-Way di Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Untuk material, Magnet ferit yang memiliki kepadatan tinggi, dikombinasikan dengan pelat polar karbon rendah, bekerja mengurangi distorsi pada tingkat daya tinggi. Bagian magnet tersebut memiliki material karet yang tebal sehingga melindungi dari air, dan terbentur kaca.

Berhubung dirancang untuk power handling hingga 315 W, tentunya kerucut atau cone CPK 165 tahan terhadap ekskursi yang besar apabila digunakan untuk memutar musik dengan beat dinamis dan bersuara lantang.

Woofer-nya memakai material aluminium mesh, dengan frame dari plastik ABS yang kuat dan rigid untuk bermain suara kencang.

Kemudian untuk tweeternya berukuran 25 mm, memakai material tetolon yang lembut pada kubahnya, untuk menghasilkan suara alami dan detail.

Selain itu, tweeternya juga dilengkapi magnet neodymium dengan fluks magnetic densitas tinggi, untuk kontrol maksimum dalam rentang frekuensi mid-high, dan back chamber atau tutup pada bagian belakang.

“Ibaratnya kalau subwoofer pake box, tweeter ini juga ada boksnya. Dia bisa menghasilkan suara yang lebih rendah, sehingga ketika penggunaan 2-way di mobil, suara tweeter-nya bisa dengan harmonis dengan suara vokal dari midbass, ga ada gap di frekuensi bagian vokal.” jelas Johnson.

Apabila tidak memiliki processor, Hertz menyediakan crossover pasif agar suara dari speaker dan tweeter bisa keluar, dan dilengkapi switch untuk mengatur kualitas suara tweeter.

Hertz juga menyediakan mounting untuk tweeter tersebut untuk pemasangan lebih fleksibel, dimana untuk pemasangannya hanya perlu memasukkan tweeter ke dalam mounting, apabila enggan membongkar pilar untuk membuat dudukan tweeter.

(sumber: Hertz)

Speaker Hertz CPK 165 tersedia di Tokopedia Audison Hertz dengan harga Rp. 7.032.478.

Spesifikasi

Power Handling - Peak 315 W Continuous 105 W, Impedance Ω 4, Frequency response Hz 45 ÷ 22,5k, Sensitivity SPL 92,5 dB, Voice coil Ø 25 mm (1 inch), Woofer size 165 mm (6.5 inch), Tweeter size 29 mm (1.14 inci), Woofer magnet High density flux ferrite, Tweeter magnet Neodymium, Woofer cone Pressed-paper cone, Tweeter dome Tetolon, Crossover type 2 Way Passive Crossover, Crossover cut off 2,8 kHz @ 12 dB Oct.

(Joule)