Toyota Sukses Geser Dominasi Penjualan GM Selama 90 Tahun di Amerika Serikat

  • Oleh : ADV

Jum'at, 07/Janu/2022 15:03 WIB
Toyota Camry Toyota Camry

SoundandMachine.com (New York) - Pabrikan mobil asal Jepang, Toyota, untuk pertama kalinya berhasil meruntuhkan dominasi General Motors (GM) dalam hal penjualan mobil di Amerika Serikat. 

Hal ini menjadi sangat menarik perhatian para pecinta otomotif, sebab Amerika Serikat selama ini dikenal sebagai pasar "Tuan Rumah" dan domestik bagi GM. Selain itu, GM dikenal sebagai merek mobil terlaris di Amerika Serikat.  

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Menurut data, total penjualan mobil Toyota sepanjang 2021 di Amerika Serikat adalah 2,3 juta unit mobil. Sedangkan, penjualan General Motor hanya 2,2 juta unit.

Terdapat selisih yang cukup signifikan, karena mencapai 100.000 unit antara keduanya. Toyota pun menggeser posisi GM setelah 90 tahun memuncaki penjualan mobil di AS.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

"Ini adalah yang pertama dalam 90 tahun, dan penurunan GM ke posisi kedua berkaitan dengan tantangan produksi yang disebabkan oleh krisis chip," ujar salah seorang Juru Bicara (Jubir) GM seperti dikutip dari Wall Street Journal.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Penjualan kendaraan Toyota di AS hingga 2021, meningkat 10% dari kinerja tahun 2020. Sedangkan penjualan GM turun 13% dari tahun sebelumnya yang mampu terjual hingga 2,55 juta kendaraan.

"Kekurangan semikonduktor, antara lain, menciptakan serangkaian keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2021. Meski begitu, GM memperluas keunggulannya dalam pick-up dan SUV ukuran penuh," sambung Jubir tersebut.

Lantas bagaimana reaksi Toyota terhadap hal tersebut? Jack Hollis selaku wakil presiden senior Toyota Motor Amerika Utara mengatakan, bahwa perusahaan itu merasa bersyukur. "Menjadi nomor satu tidak pernah menjadi fokus atau prioritas," tuturnya. (EPS)