Toyota Fortuner dan Land Cruiser Terbaru Bakal Meluncur Pekan Depan

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 09/Janu/2022 12:16 WIB
2 SUV terbaru Toyota yang akan diluncurkan pekan depan, New Fortuner (kiri) dan All-New Land Cruiser (kanan) (sumber: Toyota) 2 SUV terbaru Toyota yang akan diluncurkan pekan depan, New Fortuner (kiri) dan All-New Land Cruiser (kanan) (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Toyota Astra Motor mengumumkan peluncuran 2 Sport Utility Vehicle (SUV) ladder frame terbarunya, yaitu Fortuner dan All-New Land Cruiser, pada pekan depan, tepatnya 13 Januari 2022 mendatang.

Perilisan tersebut dikonfirmasi melalui undangan yang diterima oleh redaksi SoundandMachine.com, dan menurut undangan tersebut, peluncurannya akan dilakukan secara virtual.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

brosur New Fortuner yang bocor di media sosial (sumber: istimewa)

Baca Juga:
Dari Penjualan Hingga Kesiapan Mudik 2024, Toyota Semakin Jagokan Kendaraan Elektrifikasi

Menurut brosur yang bocor di media sosial, Fortuner terbaru akan hadir dengan mesin 2.800 cc turbo Diesel 1GD, serupa dengan van HiAce Premio. Akan tetapi, mesin 2.800 cc tersebut tenaganya sekitar 200 PS, sementara HiAce Premio sekitar 156 PS.

Baca Juga:
Perluas Pangsa Pasar, Toyota Hadirkan Ragam Kendaraan Fleet dan Komersial Terbaru

(sumber: Toyota)

Selain itu, menurut keterangan brosur yang bocor di media sosial, mesin tersebut ada di varian GR Sport dan juga VRZ.

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk All-New Land Cruiser, atau Land Cruiser 300, bukan hanya tampilan yang serba baru, tetapi juga engineering-nya, dengan sasis ladder-frame mengikuti platform baru Toyota New Global Architecture.

Toyota sengaja mempertahankan sasis ladder frame untuk Land Cruiser 300, untuk menjaga DNA-nya sebagai mobil off-road tangguh. Berkat platform tersebut, membuat bodi dan sasis All New Land Cruiser 200 kg lebih ringan dibanding pendahulunya.

Selain itu, Toyota juga menyematkan sejumlah fitur canggih untuk kemampuan melewati medan off-road lebih mumpuni, yaitu suspensi baru, power steering hidrolik dengan aktuator, dan masih banyak lagi.

Secara global, Land Cruiser 300 tersedia 2 pilihan mesin, yaitu 3.500 cc bensin dan 3.300 Diesel, yang keduanya twin-turbo V6. Akan tetapi belum diketahui persis, mesin All-New Land Cruiser yang akan dipasarkan ke Indonesia secara resmi.

Selain itu, Land Cruiser 300 juga tersedia tipe GR Sport, yang belum diketahui apakah masuk Indonesia atau tidak, mengingat hype masyarakat mengenai Gazoo Racing atau GR cukup tinggi dan menjangkau berbagai kalangan.

(Joule)