Jadi Mobil Listrik, Nissan Bakal Bangkitkan Silvia pada 2025 Mendatang

  • Oleh : ADV

Kamis, 13/Janu/2022 16:24 WIB
Ilustrasi Nissan Silvia 2025 Ilustrasi Nissan Silvia 2025

SoundandMachine.com (Jakarta) - Buat para pecinta mobil Japan Domestic Market (JDM), pasti kenal dengan mobil sport legendaris buatan Nissan, yakni Silvia. Bagaimana tidak, selain memiliki bekal tampilan yang menarik, mobil tersebut juga terbukti andal di berbagai lintasan balap.

Sayangnya, sejak tahun 2002 Nissan memutuskan untuk menghentikan produksi Silvia, yang saat itu sudah memasuki generasi S15. Nah, buat yang kangen dan masih ingin memiliki model Silvia, ada kabar baik nih dari Nissan.

Baca Juga:
Lima Perusahaan Otomotif Jepang ini Mulai Operasikan Ekosistem Elektrifikasi di Indonesia

Sebab, produsen mobil asal Jepang tersebut, dikabarkan akan kembali menghidupkan Silvia pada tahun 2025. Meski begitu, Nissan Silvia terbaru nantinya akan dibekali tenaga listrik, bukan mesin bensin berperforma tinggi seperti pendahulunya.

Nissan sendiri memang belum mengkonfirmasi kabar tersebut. Namun dugaan publik diperkuat dengan publikasi sebuah rendering Silvia EV yang dibuat oleh Matthew Weaver, wakil presiden Nissan Design Europe, pada September 2021 lalu.

Baca Juga:
Dibekali Teknologi Elektrifikasi e-POWER Terbaru, Nissan Rilis SUV All-New X-Trail untuk Pasar Jepang

Render tersebut mengambil banyak inspirasi dari Silvia pertama, yang mengusung codename CSP311 dan diperkenalkan pada September 1964 di Tokyo Motor Show. Kendaraan yang digambarkan memberi penghormatan kepada aslinya dengan beberapa garis desain.

Hal itu terlihat dari garis "Nat" yang menghubungkan bagian bodi bagian atas dan bawah, meskipun lebih ditekankan dengan memotongnya ke bagian atas lengkungan roda.

Baca Juga:
Kerjasama Berbagi Teknologi, Nissan dan Mitsubishi Rilis Kei-Car Listrik Terbaru

Weaver juga mampu mengintegrasikan permukaan yang lebih bersih, karena powertrain listrik memiliki persyaratan pendinginan yang jauh lebih rendah, jadi tidak perlu gril radiator yang biasanya ditempatkan pada mobil dengan mesin pembakaran internal. 

Rendering juga mengadaptasi lampu depan melingkar CSP311, jendela tiga perempat segitiga, dan proporsi bagian belakang kabin ke dalam desainnya. Silvia asli juga dikenal sebagai Datsun Coupe 1500 dan dibangun di atas platform yang sama dengan Fairlady pada saat itu. 

"Ini adalah model Nissan yang sangat langka, karena hanya 554 unit yang dibuat dari tahun 1965 hingga 1968. Faktanya sangat langka, bahkan beberapa karyawan Nissan yang paling berpengalaman pun belum pernah melihatnya," kata Weaver dalam rilis resminya.

Setelah CSP311, nama Silvia untuk sementara dihentikan hingga dihidupkan kembali pada tahun 1975 untuk S10 yang didukung oleh platform Nissan S. Silvia menjadi mobil performa tinggi unggulan di jajaran Nissan sejak saat itu, dengan S110, S12 dan generasi yang paling dikenal, S13, S14 dan S15. 

Render Silvia EV Weaver bukan satu-satunya kreasi retro modern yang keluar dari Nissan. Seperti selama Tokyo Motor Show 2013, Nissan juga sempat mengeluarkan konsep IDx yang terinspirasi oleh Datsun 510. 

Konsep itu memang tidak pernah menjadi model produksi, tetapi dengan Nissan saat ini memulai strategi produk baru yang telah melihat kelahiran mobil Z anyar, mungkin kebangkitan Silvia akan memiliki kesempatan untuk menjadi kenyataaan. Kita tunggu saja! (EPS)