Toyota Land Cruiser Anyar Disebut Makin Tangguh di Medan Off-Road

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 14/Janu/2022 10:04 WIB
Toyota Land Cruiser masuk Indonesia dengan dua tipe, yaitu GR Sport (kiri) dan VX-R (kanan) (sumber: Toyota) Toyota Land Cruiser masuk Indonesia dengan dua tipe, yaitu GR Sport (kiri) dan VX-R (kanan) (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru flagship SUV-nya yaitu Toyota Land Cruiser. Meski pasarnya relatif mengkerucut, peminat Land Cruiser tergolong stabil, dan itulah mengapa TAM meneruskan peredarannya di Indonesia.

“Segmen premium yang memang menyukai 4x4 atau off-road jadi sangat spesifik. Untuk Land Cruiser ini, yang saya dengar dari konsumen dan dealer, demand-nya sangat besar, tidak hanya di Indonesia tapi negara lain,” buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers-nya (13/1/2022).

Baca Juga:
Pakai Mesin Hybrid, Toyota GR Yaris Siap Tempur di Ajang WRC 2022

Land Cruiser terbaru, atau Land Cruiser 300, memiliki sejumlah improvisasi yang membuatnya lebih kapabel di medan off-road, akan tetapi tetap mampu memenuhi tuntutan global, baik dari segi pasar maupun ekologi.

Baca Juga:
Dibuat dengan Teknologi Canggih, Bridgestone Turanza T005A Jadi Ban OEM Toyota All New Veloz

(sumber: Toyota)

Di balik perubahan desain eksterior yang mengikuti perkembangan zaman, terdapat kesamaan panjang, lebar, dan wheelbase serta departure and approach angle seperti pendahulunya, untuk kapabilitas melewati medan off-road.

Baca Juga:
Wujud GR GT3 Concept Nampak, Toyota Berencana untuk Hadirkan Versi Jalan Raya

(sumber: Toyota)

Interior barunya memiliki panel instrumen dibuat horizontal agar memudahkan pengemudi melihat posisi kendaraan bahkan ketika sedang off-road sekalipun, dan juga lebih intuitif dalam penggunaannya.

Sasis tetap ladder-frame, akan tetapi mengacu pada platform Toyota New Global Architecture yang membuatnya 200 kg lebih ringan dibanding pendahulunya, akan tetapi lebih kaku 20% sehingga keperkasaannya sebagai off-roader tetap terjaga sebagaimana DNA-nya.

Land Cruiser 300 menggunakan Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang yang telah dikembangkan untuk performa lebih ketika menghadapi medan off-road.

Fitur Auto-MTS (Multi Terrain Select) dengan kemampuan mendeteksi permukaan jalan, bekerja mengadopsi mode berkendara paling tepat untuk mengontrol dan mengoptimalkan traksi ban pada berbagai medan berpasir, berbatu, lumpur, dan medan berat lainnya.

Untuk menunjang off-road, Land Cruiser 300 juga dilengkapi Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, dan Tire Pressure Monitor (TPM).

Land Cruiser 300 tersedia tipe VX-R untuk tampilan elegan namun tetap kapabel di medan off-road dengan torque sensing LSD di roda belakang, dan menariknya tersedia GR Sport.

Tipe GR Sport menawarkan performa lebih untuk menghadapi medan off-road, dengan eksterior yang dirancang durabel untuk menghadapi medan off-road, seperti bumper depan dan pelek 18 inci.

(sumber: Toyota)

Selain itu, khusus tipe GR Sport dilengkapi fitur New Stability Control, Adaptive Variable Suspension, E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang untuk performa lebih di medan off-road.

(sumber: Toyota)

Mesin Land Cruiser 300 yang masuk Indonesia adalah 3.300 cc berkode F33A-FTV dengan tenaga 305 PS di 4.000 rpm dan torsi 700 Nm pada 1.600 – 2.600 rpm, dan bertransmisi 10-speed Direct Shift yang responsif namun tetap efisien bahan bakar.

Land Cruiser 300 sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) berupa Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) yang lebih mencegah terjadinya benturan.

Untuk harga, Land Cruiser dibanderol Rp. 2.327.800.000 untuk tipe VX-R, dan Rp. 2.378.800.000 untuk tipe GR Sport. Apabila memilih warna premium color, pelanggan harus menambah Rp. 3 juta.

Khusus unit produksi Januari hingga Juli 2022, pelanggan akan mendapat emblem 70th Anniversary sebagai selebrasi usia produksi Land Cruiser ke-70 pada 2021 silam.

“Land Cruiser tahun lalu penjualannya 95 unit, tahun sebelumnya sekitar 200-an unit, mudah-mudahan tahun ini bisa lebih baik, mungkin bisa ke arah 300 ke atas.“ pungkas Anton.

(Joule)