Lebih Ramah Pengguna, Toyota Rilis MPV Noah dan Voxy Generasi Baru

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 14/Janu/2022 12:20 WIB
Toyota luncurkan 2 MPV terbarunya, yaitu Noah (kiri) dan Voxy (kanan) (sumber: Toyota) Toyota luncurkan 2 MPV terbarunya, yaitu Noah (kiri) dan Voxy (kanan) (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) – Dalam waktu bersamaan, ternyata Toyota tidak hanya merilis 2 mobil terbarunya di Indonesia, tetapi juga di negara asalnya, yaitu Jepang. Jika di Indonesia mobil terbarunya SUV, di Jepang sana semuanya MPV, yaitu Voxy dan Noah.

Toyota telah resmi meluncurkan generasi terbaru darI Voxy dan Noah, yang dibuat lebih ramah pengguna, berkat penerapan platform Toyota New Global Architecture GA-C di mobil berjenis MPV.

Baca Juga:
Lebih Canggih, Honda Resmi Memperkenalkan MPV Step WGN Generasi Terbaru

Sekedar informasi, Voxy dan Noah tak ubahnya dengan Alphard dan Vellfire, yang secara teknikal sama, akan tetapi tampilannya dibuat berbeda agar lebih menyesuaikan selera konsumen.

Noah dan Voxy generasi terbaru masih mempertahankan bodi kotak untuk memaksimalkan ruang kabin. Namun seperti pendahulunya, Noah dan Voxy dibuat berbeda dengan berbagai ubahan untuk generasi terbarunya.

Baca Juga:
Kinto Factory, Membuat Performa Mobil Toyota Selalu Optimal

Noah tampil megah dengan garis tebal di bumper dan lampu yang tajam serta melotot, sementara Voxy lebih kalem dengan garis bumper tipis, serta lampu sipit.

Baca Juga:
Kaleidoskop 2021: Persaingan Low MPV Jepang Rp. 200 jutaan Kian Memanas

(sumber: Toyota)

Sementara untuk bagian belakang, bedanya hanya corak batok dan warna batok lampu, dimana Noah berwarna merah, sementara Voxy keabu-abuan.

(sumber: Toyota)

Voxy dan Noah memiliki akses masuk ke kabin yang lebih ramah untuk penumpang, karena ketika sliding door terbuka, foot step dengan tinggi 200 mm dari tanah akan keluar secara retract.

Setelah membuka pintu, tampak hand grip dengan panjang sekitar 460 mm di pilar B dan ketinggian 895 mm dari permukaan tanah, yang memudahkan penumpang berbagai usia untuk masuk ke kabin.

Tersedia power sliding door hands free sebagai opsi, dimana pengguna bisa membuka atau menutup pintu dengan mengarahkan kaki ke bawah pintu apabila mengantongi remote kunci.

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk interior, dirancang dengan jarak pandang horizontal, dan pilar A lebih tipis untuk mengurangi blind spot.

Selain itu, beberapa elemen interior seperti panel instrumen, door trim, pegangan tangan, dan panel AC ditata secara fungsional di sekitar atap, agar ruang kabin terlihat rapi, atraktif, dan terbuka.

Voxy dan Noah tersedia berbagai konfigurasi jok, yaitu 7-Seater dengan captain seat di baris kedua, 8-seater dengan konfigurasi tip up split 60/40, dan beberapa setelan untuk penumpang disabilitas.

(sumber: Toyota)

Platform TNGA-C selain membuat kabin lebih lega karena 75 mm lebih lebar dari pendahulunya dan kapasitas bagasi 104 liter, juga membuatnya lebih lincah, stabil, dan nyaman berkat struktur bodi kaku, tetapi ringan.

Kekakuan bodi tersebut dioptimalkan melalui suspensi MacPherson di depan dan torsion beam di belakang yang membuatnya lebih napak tetapi tetap nyaman, sehingga membuat berkendara lebih menyenangkan.

Sejumlah teknologi canggih banyak tersemat di Voxy dan Noah, seperti power back door yang bisa diatur sudut bukaan pintunya dengan memegang pintu untuk menghentikan mekanisme-nya.

Selain itu, Voxy dan Noah dilengkapi Advanced Drive dengan Radar Cruise Control dan Lane Tracing Assist yang mengatur kecepatan kendaraan apabila dalam kondisi lalin padat antara kecepatan 0-40 km/jam.

(sumber: Toyota)

Meski berdimensi besar, Voxy dan Noah tetap mudah parkirnya, karena dilengkapi fitur Advanced Park dimana pengguna bisa memarkirkan kendaraan dari luar kabin melalui smartphone.

Tak ketinggalan, Voxy dan Noah dilengkapi fitur Toyota Safety Sense terkini yang lebih mencegah terjadinya benturan, terutama ketika menghadapi pesepeda atau kendaraan dari sisi kiri atau kanan persimpangan.

Voxy dan Noah tersedia pilihan mesin hybrid yang ditingkatkan output baterai dan motor listriknya, dan mesin bensin 2.000 cc berkode M20A-FKS bertransmisi direct-shift CVT 10-percepatan.

(Joule)