Wujud GR GT3 Concept Nampak, Toyota Berencana untuk Hadirkan Versi Jalan Raya

  • Oleh : ADV

Minggu, 16/Janu/2022 16:04 WIB
Toyota GR GT3 Concept Toyota GR GT3 Concept

SoundandMachine.com (Tokyo) - Dalam pameran Tokyo Auto Salon 2022, Toyota melalui divisi Toyota Gazoo Racing (TGR) membawa kejutan besar untuk para pecinta otomotif dunia. 

Selain menampilkan GRMN Yaris yang menjadi versi tertinggi dari GR Yaris, Toyota juga menghadirkan sebuah mobil konsep dengan desain futuristik dan kental aura mobil balap yakni GR GT3 Concept.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Mobil yang sempat membuat penasaran pengunjung pameran TAS 2022 tersebut, digambarkan sebagai mobil konsep khusus balap yang menggabungkan pengetahuan dan teknologi yang diperoleh TGR dalam dunia motor sport.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Seperti diketahui, Toyota menurunkan tim pabrikan di reli WRC dan Kejuaraan Ketahanan Dunia (Endurance) WEC. "Ini adalah mobil balap kelas GT3 yang dapat dikomersialkan, daripada sebaliknya mengadaptasi mobil jalanan menjadi mobil balap," tulis Toyota dalam keterangan resminya, Jumat (14/01).

Bila dilihat, bentuk GR GT3 Concept mirip dengan Mercedes-AMG GT Coupe, khususnya bila ditengok dari bagian belakang. Semntara di bagian depan, Toyota GR GT3 Concept memiliki gril besar dan splitter yang menonjol untuk membantu aerodinamis. 

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Mobil ini menjadi mobil balap yang istimewa, karena dilengkapi dengan roda pengunci tengah yang dibungkus dengan ban Bridgestone dan dilengkapi satu set rem berukuran besar.

TGR sendiri berkomitmen untuk membuat dunia motorsport berkelanjutan. Lalu mempromosikan pengembangan, dengan keinginan untuk menyediakan mobil menarik yang akan dipilih oleh pelanggan yang berpartisipasi dalam GT3, yang merupakan puncak dari ajang motorsport.

"Dengan mengkomersialkan mobil motorsport, lebih dari sekedar mengadaptasi kendaraan produksi untuk digunakan dalam olahraga, itu bermaksud untuk menggunakan umpan balik dan teknologi yang disempurnakan melalui partisipasi dalam berbagai kegiatan motorsport untuk mengembangkan baik GT3 dan mobil produksi massal," sambung Toyota.

Ide tersebut sebenarnya telah dijalankan oleh Toyota. Salah satu contoh hasil dari mobil balap yang lantas diproduksi massal untuk para konsumen dan menuai sukses yakni GR Yaris. (EPS)