STI E-RA Concept, Proyek Motorsport Subaru untuk Hadapi Masa Depan

  • Oleh : Julfikri

Senin, 17/Janu/2022 09:52 WIB
Subaru Technica International (STI) E-RA Concept (sumber: Subaru) Subaru Technica International (STI) E-RA Concept (sumber: Subaru)

SoundandMachine.com (Jepang) – Subaru, melalui in-house tuner-nya yaitu Subaru Technica International (STI), meluncurkan mobil konsepnya di perhelatan Tokyo Auto Salon 2022, yaitu STI E-RA Concept.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

STI E-RA Concept (sumber: Subaru)

STI merilis E-RA Concept sebagai bentuk persiapan aktifitas motorsport untuk menghadapi masa depan, dimana tuntutannya adalah netral karbon.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Melalui E-RA Concept, dimana “E-RA” tersebut artinya “Electric-Record Attempt”, Subaru menargetkan proyek tersebut bisa mengitari sirkuit Nurburgring Nordschleife dalam waktu 6 menit 40 detik.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

STI E-RA Concept di Tokyo Auto Salon 2022 (sumber: Subaru)

Oleh karena itu, mobil konsep tersebut dibuat dengan motor listrik yang langsung diletakkan di masing-masing keempat roda, sehingga secara teknis sudah bersistem all-wheel drive, dan jika diakumulasi tenaganya mencapai 800 kW atau 1088 PS,

Motor listrik tersebut memakai gir dari Yamaha Motor Co., Ltd. yang kapabel untuk berkecepatan tinggi, dengan baterai lithium-ion berkapasitas 60kWh.

Sementara 4 motor listrik-nya memakai torque vectoring yang bekerja menyeimbangkan grip ke semua roda agar lebih stabil ketika berkecepatan tinggi, baik di jalan lurus maupun tikungan.

Torsi tersebut terbagi berdasarkan perpindahan beban ketika mobil tersebut bergerak, seperti kecepatan perputaran roda, kecepatan kendaraan, sudut setir, lateral G, yaw rate, tekanan rem, dan wheel load.

Proyek tersebut nantinya juga akan dikembangkan berdasarkan salah satu regulasi FIA yang akan diterapkan ke depannya, yaitu FIA E-GT.

STI E-RA Concept di Tokyo Auto Salon 2022 (sumber: Subaru)

Subaru, dan juga STI, akan terus menciptakan nilai baru melalui pengembangan teknologi dengan orientasi motorsport, sehingga mobil akan terus menyenangkan dan memperkaya kehidupan pelanggan, bahkan di era bebas karbon sekalipun.

(Joule)