Penjualan BMW Alami Kenaikan Tahun 2021, X1 Penyumbang Angka Tertinggi

  • Oleh : ADV

Senin, 17/Janu/2022 17:34 WIB
BMW X1 BMW X1

SoundandMachine.com (Jakarta) - BMW Group Indonesia, pada tahun 2021 berhasil memperkuat posisinya sebagai pemimpin di segmen otomotif premium di Indonesia, dengan mencatatkan penjualan tertinggi.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BMW Group Indonesia alami pertumbuhan penjualan sebesar 21% menjadi 3.102 unit kendaraan BMW dan MINI pada tahun 2021, yang terdiri dari 2.433 (+17%) unit BMW dan 669 (+39%) unit MINI. 

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh

"BMW Group Indonesia mencatatkan pertumbuhan penjualan yang luar biasa pada tahun 2021 dan kami sangat bangga atas pencapaian ini. Kami berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan sebesar 21% (year-on-year)," ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Ia menjelaskan, kenaikan angka penjualan itu berkat program penawaran BMW dan MINI yang menarik serta strategi yang berorientasi pada pelanggan. Alhasil, BMW memimpin kompetisi di segmen kendaraan premium Indonesia dan mengungguli kompetitornya. 

Baca Juga:
Sukses Kuasai Pasar di Segmen Luxury, BMW Luncurkan Mobil Listrik iX xDrive50 dan iX1

"Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan strategis kami yang memprioritaskan pelanggan dan berupaya menyediakan layanan hybrid yang nyaman, serta berbagai model yang beragam membuahkan hasil nyata," tuturnya. 

Baca Juga:
Promosikan Keseimbangan Lingkungan Hidup, BMW Indonesia Pamerkan Semua Mobil Elektriknya

Performa yang solid ini, antara lain, berkat varian model BMW Sports Activity Vehicle (SAV) yang sangat populer di kalangan pelanggan Indonesia. Secara keseluruhan, kendaraan BMW SAV berkontribusi 54% terhadap total penjualan. 

Di antara kendaraan BMW terkemuka di segmennya adalah BMW X1, BMW X3, dan BMW X5. Ketiga model terlaris BMW pada tahun 2021 adalah BMW X1, yang menyumbang 27% dari total penjualan, BMW Seri 3 (25%), dan BMW Seri 5 (11%).

Dari peluncuran M3 dan M4 Coupe Competition di Indonesia, BMW Indonesia meraih hasil gemilang untuk mendominasi segmen sportscar di Indonesia. Kedua model tersebut menerima respons yang luar biasa, dengan seluruh unit yang dialokasikan untuk Indonesia segera habis terjual. 

Pada tahun 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles memecahkan rekor sepanjang masa dengan 132 unit, melebihi rekor tertinggi sebelumnya yaitu 89 unit pada tahun 2015. Ketiga model BMW M teratas pada 2021 adalah BMW M2 Competition (30%), BMW M4 Competition Coupe (18%), dan BMW M3 Competition (14%).

"Melanjutkan kesuksesan tahun lalu, kami akan terus menghadirkan kendaraan premium terbaik, termasuk model kendaraan listrik dan layanan berorientasi pelanggan untuk lebih tingkatkan capaian penjualan di tahun 2022, menjadikannya tahun yang penuh kesuksesan," pungkas Ramesh. (EPS)