Focal ES 165 KX2, Speaker Inovatif untuk Audio Mobil 2-Way

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 19/Janu/2022 10:21 WIB
Focal ES 165 KX2, solusi inovatif untuk audio mobil yang standarnya sudah 2-way (sumber: Focal) Focal ES 165 KX2, solusi inovatif untuk audio mobil yang standarnya sudah 2-way (sumber: Focal)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Akhir-akhir ini semakin banyak audio system yang sudah 2-way dari OEM-nya, dan itu terlihat dari adanya rumah tweeter di pilar A. Itu berarti yang menjadi salah satu persoalan ketika ingin upgrade adalah tweeter-nya agar seimbang dengan speakernya.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Lantas bagaimana upgrade audio untuk mobil yang sistemnya sudah 2-way? Solusinya adalah speaker Focal ES 165 KX2.

“Tweeter-nya kan keliatannya gede, tapi apakah bisa OEM look? Bisa, karena kita bisa cabut mounting ring-nya, kita pasang lagi OEM standarnya, nanti bisa OEM look.” buka Eddie Soesanto, Pendiri Cartens Audio kepada SoundandMachine.com di ITC Fatmawati, Jakarta (17/12/2021).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

(sumber: Focal)

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Komponen Focal ES 165 KX2, terdiri dari dua woofer 6,5 inci (165 mm) dengan kerucut Kevlar, agar memberikan suara yang sangat padat dan kuat.

Bagian tengah kerucut-nya dilengkapi dengan phase plug untuk meningkatkan dispersi suara di sekitar kendaraan.

Dua tweeter inverted-dome TKMX berbentuk 'M' terbuat dari fiber aramid, dilengkapi dengan crossover bi-amplified.

Selain itu, surround-nya terbuat dari butyl dengan tuned mass damper yang paten, untuk kontrol lebih baik, dan suaranya bisa lebih alami serta linear.

Dengan demikian, speaker 2-way tersebut menghasilkan kontrol yang sempurna untuk sistem high end, karena treble-nya akan bisa lebih tinggi dan sangat halus, serta memiliki definisi sempurna.

Sasis aluminium-nya dirancang kaku, serta antimagnetik untuk ekskursi yang lebih baik.

Focal ES 165 KX2 dilengkapi crossover Bi-Amp dengan 0 / +3 / - 3 dB/okt untuk tweeter-nya, serta multi-setting untuk keandalan dan performa.

Sistem ventilasi pada speaker membuat power handling-nya sangat baik, bahkan untuk sound pressure level sekalipun, sehingga audio system ini adalah produk referensi dari jajaran K2 Power.

Maka tidak heran ketika tampil di Consumer Electronic Society di Las Vegas, Focal ES 165 KX2 mendapat penghargaan CES Innovation 2016.

Focal ES 165 KX2 dibanderol Rp. 21.500.000,- di akun Tokopedia Alpine Focal.

Spesifikasi

2-way component kit Diameter: 6½" (165mm) Voice coil diameter: 19/1" (40mm) Voice coil height: 02/3" (16.5mm) Motor: Magnet Tweeter: TKMX ("M" profile aramid fiber inverted dome) Cone: Composite K2 Power "W" sandwich cone Surround: Tuned Mass Damper (TMD®) Separated crossover: 6-12/12-18dB (3kHz) Tweeter Adjustable level: +3; 0; -3dB/oct Max. power: 240W Nom. power: 120W RMS Sensitivity (2.83V/1m): 92.5dB Frequency response: 55Hz- 22kHz Impedance: 2 Ω Accessories: Supplied grilles

(Joule)