Diam-diam Daihatsu Taft Terbaru Sudah Ada di Indonesia, Ini Wujudnya

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 21/Janu/2022 15:19 WIB
Daihatsu Taft terbaru di showroom JDM CBU Cars di Arteri Pondok Indah Daihatsu Taft terbaru di showroom JDM CBU Cars di Arteri Pondok Indah

SoundandMachine.com (Jakarta) – Daihatsu memiliki salah satu SUV legendaris dan pernah beredar di Indonesia, yaitu Daihatsu Taft. Taft, yang lahir pada tahun 1974, awalnya kendaraan SUV tiga pintu yang memiliki kemampuan melibas segala medan berkat sistem 4WD-nya.

Di Jepang sana, masa produksi Taft hanya sampai tahun 1984, dan diteruskan oleh Rugger. Sementara di Indonesia, produksi Taft tetap berlanjut sampai tahun 2000-an.

Baca Juga:
First Impression: Melihat Lebih Dekat Mobil Imut Kei-car Suzuki Wagon R Smile di Indonesia

Pada tahun 2020, Taft lahir kembali menjadi kei-car 4-pintu model SUV, dan salah satu unitnya ada di Indonesia. Namun bukan oleh Astra Daihatsu Motor, melainkan importir JDM CBU Cars di bilangan Arteri Pondok Indah.

Baca Juga:
Dikenal Sebagai Importir Roda Dua CBU, Hobby Motor Mulai Jajaki Segmen Mobil Premium

Dalam kesempatan ini, kami melihat lebih dekat sosok Taft terbaru, yang menjadi salah satu mobil pertama dimasukkan ke JDM CBU Cars.

“Kita impor dulu 2 unit mobil ini, yaitu Daihatsu New Taft sama Copen.” buka Gin, Sales JDM CBU Cars kepada SoundandMachine.com di Arteri Pondok Indah, Jakarta (21/1/2022).

Baca Juga:
Biasa Impor Supercar, Ivans Motor Ekspansi di Segmen Mobil Mungil Kei-Car

Meski dengan konsep yang sudah berbeda total, Taft terbaru eksteriornya masih terlihat auranya sebagai kendaraan tangguh. Lebih spesifiknya, sebut saja bodi kotak, model fender, gril, dan masih banyak lagi.

Hanya saja dengan proporsi antara roda, rumah roda, dan sumbu roda seperti ini, kemampuan off-road-nya bisa dibilang tidak sekapabel pendahulunya.

Dengan model seperti ini, Taft terbaru jelas bukan saingan Suzuki Jimny seperti yang banyak diberitakan oleh media massa. Pasalnya, Jimny masih mengusung model SUV 3-pintu dengan roda lebih besar, sementara Taft sudah menjadi kei-car 5-pintu dengan roda lebih kecil.

Interior juga terasa “jip”-nya, dari bentuk dasbor yang serba kotak dan itu selaras dengan eksterior. Meski kei-car, interior Taft terbaru terasa sangat lega berkat bodi kotaknya, akan tetapi membuat bagasinya lebih kecil.

JDM CBU Cars memborong unit Taft terbaru tanpa head unit, dan di Jepang sana sebagai opsi.

Ketika membuka kap mesin, juga terasa “jip”-nya karena terasa berat untuk ukuran kei-car. Wajar saja, kap mesin Taft menyatu dengan gril.

Mesin yang diusung Taft terbaru berkapasitas 660 cc turbo, mengikuti maksimum untuk mobil berjenis kei-car.

Secara keseluruhan, Taft masih memiliki kesan bahwa mobil tersebut menyenangkan untuk berekreasi, meskipun dari segi konsep sudah berbeda total.

JDM Cars masih belum bisa mengumumkan harga jual Taft terbaru, karena masih menunggu proses uji tipe selesai.

“Kita lagi proses uji tipe. Kita gak mau menjual suratnya belum jadi. Setelah semuanya udah beres, kita dengan pemerintah sudah beres ikutin peraturan pemerintah, baru kita soft opening.” pungkas Gin.

(Joule)