Usung Konsep OEM, Focal Inside Dibuat Khusus untuk Mobil Buatan 3 Pabrikan Ini

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 26/Janu/2022 14:05 WIB
Produk audio plug and play Focal Inside tersedia untuk 3 pabrikan terpopuler seperti Toyota, BMW, dan Mercedes-Benz (sumber: Focal) Produk audio plug and play Focal Inside tersedia untuk 3 pabrikan terpopuler seperti Toyota, BMW, dan Mercedes-Benz (sumber: Focal)

SoundandMachine.com (Perancis) – Akhir-akhir ini produk upgrade car audio plug and play kian diminati, karena selain bisa dipasang dalam waktu singkat, juga tidak merusak dudukan OEM-nya karena masih bisa memakai kabel audio bawaan.

Maka tidak heran jika produsen car audio beramai-ramai membuat produk plug and play, dan biasanya khusus merk tertentu. Termasuk Focal yang terkenal dengan speaker high-end-nya.

Baca Juga:
Speknya Kompetitif, Dominations Audio Luncurkan Power Supply dan Amplifier Terbaru

“Ibaratnya industri mobil, bagaimana mereka menciptakan segmen baru untuk menangkap keinginan masyarakat. Itu yang lagi hit di Jepang, Focal plug and play ini.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop (AWS) selaku pemegang brand Focal kepada SoundandMachine.com di PT. Audioworkshop di Sunter, Jakarta (16/8/2021).

Focal sudah membuat lini produk plug and play, yang dilabeli Focal Inside, dan menariknya tersedia untuk 3 pabrikan mobil terpopuler, yaitu Toyota, BMW, dan Mercedes-Benz.

Baca Juga:
Gerai Audio Mobil Bestbuddyshop Sunter Rayakan Raihan Champions of Champion PAHAMI 2024

Toyota

Baca Juga:
Pakai Produk Audison, Toyota Fortuner Ini Konsisten Upgrade Audio dari Simpel Sampai High End

Focal Inside untuk Toyota (sumber:Focal)

Mobil Toyota termasuk ada di lini Focal Inside, dan sudah banyak model yang kompatibel. Menariknya, Focal Inside juga bisa untuk mobil selain Toyota, tepatnya Lexus, Subaru, dan Isuzu.

Speaker Focal Inside Toyota memiliki polyglass cone untuk meningkatkan kualitas suara midrange, dan aluminum inverted dome tweeter.

Semua speaker Focal Inside Toyota sudah bersistem 2-way, seperti IS 165 TOY, IC 165 TOY, IS 690 TOY, dan IC 690 TOY.

BMW

Focal Inside untuk BMW (sumber:Focal)

BMW juga masuk dalam lini Focal Inside, dan lebih dari 70 model kompatibel, termasuk MINI. Speaker Focal Inside BMW memiliki neodymium engine dan aluminum/magnesium inverted dome agar kapabel dengan power besar, dan treble lebih jelas.

Focal Inside juga menyediakan subwoofer untuk mengimbangi kualitas audio dari speaker-nya, yang sudah didesain menyesuaikan dudukan bawaan mobil BMW.

Mercedes-Benz

Focal Inside untuk Mercedes-Benz (sumber:Focal)

Focal Inside juga menyediakan lininya untuk mobil Mercedes-Benz, setidaknya untuk 5 model, yaitu C-Class, E-Class, S-Class, EQC-Class, dan GLC-Class.

Speaker Focal Inside untuk Mercedes-Benz dilengkapi Flax sandwich cone untuk menghasilkan suara natural hingga seperti aslinya pada midrange. Selain itu, speaker tersebut juga sudah aluminum inverted dome yang menghasilkan frekuensi tinggi.

Seperti BMW, Focal juga menyediakan subwoofer untuk mengimbangi kualitas audio dari speaker-nya, yang tentunya sudah didesain menyesuaikan dudukan bawaan mobil.

Dari 3 pabrikan populer tersebut, saat ini yang tersedia di PT. Audioworkshop selaku distributor, baru untuk Toyota dan BMW.

(Joule)