Biar Aman dan Nyaman, Simak Nih! Tips Berkendara Saat Musim Hujan

  • Oleh : ADV

Rabu, 02/Feb/2022 12:35 WIB
Ilustrasi mengemudi saat hujan Ilustrasi mengemudi saat hujan

SoundandMachine.com (Jakarta) - Memasuki awal 2022, beberapa daerah di Indonesia masih mengalami musim penghujan. Terkadang, hujan turun dengan insensitas yang tinggi, sehingga butuh perhatian ekstra saat mengemudi.

Selain itu, dalam mengemudi kendaraan sehari-hari di musim hujan membutuhkan persiapan tersendiri, mulai dari persiapan fisik karena membutuhkan konsentrasi, kondisi mobil, hingga teknik mengemudi yang baik. 

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, setidaknya ada tiga tips aman dan nyaman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan.

"Pertama lakukan persiapan diri. Sebelum berkendara, pastikan kondisi kesehatan tubuh, karena merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika akan berkendara," tuturnya.

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

Ia menambahkan, sedia payung di dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu memiliki pelindung atap kanopi, sehingga dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil. Membawa atau menggunakan baju hangat ketika akan berkendara. Untuk berjaga-jaga, sediakan alas kaki cadangan di dalam mobil.

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

Lalu lakukan persiapan kendaraan. Periksa kondisi ban, jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti. Alur ban yang masih baik membantu kita untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

Cek kondisi karet wiper. Komponen ini sangat penting dalam menyapu air terutama bagian kaca depan demi menjaga visibilitas Sahabat dalam berkendara. Periksalah
komponen ini secara berkala, dan gantilah dengan yang baru bila kondisi sudah getas dan sapuannya tidak bersih.

"Jangan lupa, pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas baik bagi pengemudi atau pun pengendara lainnya," jelasnya.

Selama berkendara, nyalakan lampu ketika hujan deras, karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan akan membantu memberi tanda untuk pengendara di sekitar.

Tak kalah penting, tidak menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain, khususnya di belakang kita yang dapat mengurangi kepekaan saat akan memperlambat, dan berpindah jalur atau berbelok arah.

Bila harus melewati jalan yang tergenang, jangan panik tetap tenang, pakai gigi rendah dan RPM yang stabil. Kami berharap, melalui sharing tips ini, Sahabat dapat tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan," tutur Bambang. (EPS)