Wow! Mobil Langka Toyota AE86 Trueno Selundupan Ini Laku Dilelang Rp 1 Miliar

  • Oleh : ADV

Selasa, 08/Feb/2022 10:06 WIB
Toyota AE86 Trueno yang dilelang (DJKN Kemenkeu) Toyota AE86 Trueno yang dilelang (DJKN Kemenkeu)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Buat kawan SoundandMachine pecinta mobil Japan Domestic Market (JDM), pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Toyota AE86 atau yang bernama lengkap Sprinter Trueno.

Mobil legendaris itu, memang sangat memikat kalangan tertentu para penggila otomotif, karena selain unitnya yang langka, Trueno juga memiliki desain yang sangat menarik serta performa mesin yang sangat baik.

Baca Juga:
PEVS 2024: Tampilkan Omoda E5, Chery Tunjukkan Keseriusan Memasarkan Kendaraan Listrik

Di Indonesia sendiri, mobil tersebut mencari incaran para kolektor. Sayangnya, populasi di Indonesia juga sangat sedikit, apalagi mobil tersebut tidak pernah dipasarkan secara resmi.

Bila ada, harganya pun 'gelap' alias tidak ada patokan pasti. Nah, baru-baru ini, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak, berhasil melelang mobil Toyota Limited Edition Trueno AE86 dengan harga mencapai Rp 1,036 miliar. 

Baca Juga:
Ada Unit Test Drive-nya, Ini Dia Sederet Mobil Listrik Baru yang Akan Hadir di Pameran PEVS 2024

Harga ini terbilang fantastis, apalagi bila melihat kondisi mobil melalui foto, bisa dibilang masih dalam kondisi 'bahan', karena butuh beberapa perbaikan atau sentuhan restorasi baik di eksterior, interior maupun mesinnya.

Mobil yang cukup populer di ajang drifting internasional tersebut, dijual dengan mekanisme e-auction open bidding melalui lelang.go.id pada Kamis (03/02).  Juana, Pejabat Lelang KPKNL Pontianak mengatakan, mobil tersebut sebbelumnya diketahui telah dicoba diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Negara dengan Malaysia.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

"Mobil ini merupakan hasil tegahan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Nanga Badau, atas pelanggaran Pasal 102(B) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan," ungkapnya. 

Ia menambahkan, animo masyarakat terhadap mobil yang satu ini sangat tinggi, terbukti dari banyaknya penawaran yang masuk, saat pelaksanaan lelang yang berlangsung selama satu jam dimulai dari Pukul 09.30 - 10.30 WIB. 

Dalam durasi tersebut, masuk sebanyak 63 penawaran hingga akhirnya mencapai penawaran tertinggi. Penawaran terus melonjak dari harga limit Rp 96,9 juta hingga mencapai Rp 1,036 miliar atau naik sebesar 1.072%.

"Selain berhasil mencapai harga yang fantastis, juga senang sekali melihat antusias dan usaha para peserta lelang dalam menaikan harga setinggi-tingginya untuk mendapatkan mobil yang memang tidak dijual di Indonesia ini," ucap Juana, seperti dikutip dari laman resmi DJKN Kemenkeu. 

Sesuai ketentuan, diberikan jangka waktu selama lima hari kerja bagi pemenang untuk melakukan pelunasan, Selanjutnya, hasil dari lelang tersebut akan disetor ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Sebagai tambahan informasi, popularitas Toyota Trueno AE86 terus meningkat ketika mobil ini digunakan oleh Keiichi Tsuchiya, seorang Drift King asal Jepang. Mobil ini juga merupakan mobil yang ikonik, sejak muncul di manga Initial D pada Tahun 1995-2013. (EPS)