Duo Pabrikan Jepang Rilis Sports Car Khusus Kejuaraan Balap GR86/BRZ Cup 2022

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 09/Feb/2022 17:59 WIB
Toyota GR 86 (kiri) dan Subaru BRZ (kanan) varian Cup Car Basic Untuk Berparitisipasi di kejuaraan GR86/BRZ Cup (sumber: Toyota dan Subaru) Toyota GR 86 (kiri) dan Subaru BRZ (kanan) varian Cup Car Basic Untuk Berparitisipasi di kejuaraan GR86/BRZ Cup (sumber: Toyota dan Subaru)

SoundandMachine.com (Jepang) – Dua pabrikan otomotif asal Jepang Toyota dan Subaru, merilis sportscar yang dipersiapkan untuk seri kejuaraan GR86/BRZ Cup 2022.

GR86/BRZ Cup merupakan seri kejuaraan balap lokal Jepang khusus sportscar Toyota GR86 dan Subaru BRZ, dan lanjutan dari seri kejuaraan 86/BRZ Race. Meski sifatnya lokal, ada orang Indonesia yang pernah berlaga di kejuaraan ini, yaitu Demas Agil, Haridarma, dan Fitra Ditama pada tahun 2019 ketika masih 86/BRZ Race.

Baca Juga:
Tunjukkan DNA Motorsport, Subaru Indonesia Sponsori Ajang Kejuaraan Drifting dan Pembalapnya

Sportscar tersebut antara lain Toyota GR86 Cup Car Basic dan Subaru BRZ Cup Car Basic, dan calon peserta GR86/BRZ Cup wajib membeli salah satu dari mobil tersebut.

Perbedaan utama di antara keduanya lebih bersifat kosmetik sebagaimana GR86 dan BRZ itu sendiri, yang berarti secara teknikal sama.

Baca Juga:
Kepuasan Pelanggan Maksimal, Gerai Audio Cartens Autosound Jakarta Raih Sertifikasi ISO

Kedua mobil tersebut memakai pelek steelie 16 inci, akan tetapi hanya sementara saja, karena ketika berpartisipasi di ajang balap, harus ganti ke pelek 17 inci x 7,5 J dan memakai ban Dunlop Direzza ZIII untuk berparitisipasi di kelas paling rendah yaitu Clubman.

Baca Juga:
Lebih Aman dan Memacu Adrenalin, Subaru BRZ Dapat Improvisasi dan Tambah Varian STI Sport

(sumber: Subaru)

Di sektor interior, kedua mobil tersebut tidak ada in-car entertainment system, jok fabric, dan shift knob uretan.

(sumber: Toyota)

Akan tetapi, berhubung ditujukan untuk balap, kedua mobil tersebut dilengkapi rollcage 6 titik plus sidebar berdiameter 40 mm, dan seatbelt 6 titik yang sudah dirancang khusus. Meski dipasang rollcage, jok belakang tetap ada.

Untuk BRZ, Subaru menyediakan fitur software untuk menon-aktifkan airbag samping dan jok, dan rear differential cooling fin.

(sumber: Toyota)

Di sektor dapur pacu, hanya engine cooler-nya saja yang berbeda, dan dibuat agar pendinginannya tetap stabil selama pemakaian balap.

Setelah membeli salah satu dari dua sportscar tersebut, untuk berpartisipasi peserta masih harus modifikasi lagi, seperti selain pelek, juga harus ganti jok balap, memakai ADVICS brake kit, 2 Way Limited Slip Differential, transmission oil cooler, differential oil cooler, dan suspensi.

Untuk regulasi penggunaan parts baru bersifat sementara dalam arti, akan ada update lagi dari pennyelenggara.

(sumber: Toyota)

Modifikasi tersebut kapabel untuk dipakai balapan, tetapi masih legal untuk pemakaian jalan raya. Bahkan baik Toyota maupun Subaru, keduanya menyediakan karpet khusus kedua sportscar tersebut setelah dipasang rollcage.

(Joule)