Varian Kendaraan Penumpang Masih Kosong, Isuzu Belum Juga Hadirkan Mu-X 4x2

  • Oleh : ADV

Kamis, 10/Feb/2022 10:35 WIB
Ilustrasi Isuzu Mu-X 4x2 Ilustrasi Isuzu Mu-X 4x2

SoundandMachine.com (Jakarta) - Meski kompetitornya seperti Fortuner dan Pajero Sport makin diminati konsumen di Tanah Air, namun PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), sampai saat ini masih saja mengandalkan Mu-X 4x4.

Sport Utility Vehicle (SUV) berpenggerak 4 roda tersebut, diluncurkan oleh Isuzu dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Pabrikan asal Jepang itu membawa Isuzu Mu-X 4x4 dan Isuzu D-Max terbaru. 

Baca Juga:
Lima Perusahaan Otomotif Jepang ini Mulai Operasikan Ekosistem Elektrifikasi di Indonesia

Saat diluncurkan, Isuzu Mu-X membidik segmen komersial atau industri, seperti pertambangan dan perkebunan. Sayangnya Isuzu mu-X 4x2 yang sebenarnya cocok untuk mobil penumpang atau keluarga justru tak nampak. 

Hingga tahun berganti, PT IAMI mengaku belum ada niat memboyong versi 4x2 terbaru untuk dijual di pasar tanah air. Padahal, Isuzu mu-X 4x2 sudah tersedia di negeri negara tetangga, sebut saja Thailand.

Baca Juga:
Standar Euro IV Mulai Berlaku Tahun Depan, Isuzu Pastikan Aftersales Tetap Aman

"Pertimbangan kami adalah karena saat ini sedang fokus pada mobil komersial. Jadi, sementara yang kami hadirkan Mu-X 4x4, D-Max single cabin, dan double cabin," ujar Rahmat Samulo, Direktur PT IAMI saat konferensi pers virtual, Rabu (02/02).

Baca Juga:
Isuzu Catat Hasil Positif Selama GIIAS 2021, ELF Paling Laris

Ia menambahkan, kedua mobil itu merupakan bagian dari kendaraan komersial. Layaknya kendaraan "Pekerja", Isuzu mu-X dan Isuzu D-Max juga harus dapat mengakomodir kebutuhan dan tantangan dari konsumennya. 

"Kita harus memastikan kedua kendaraan itu punya produktivitas tinggi. Jadi bukan sekadar menjual," jelasnya. Alasan itulah yang membuat Isuzu untuk sementara tidak membawa Isuzu mu-X varian 4x2. 

Artinya, sampai saat ini Isuzu belum memiliki mobil penumpang yang dipasarkan di Indonesia, setelah menyuntik mati Isuzu Panther beberapa waktu lalu. "Jadi kita fokus dulu di kustomer yang menggunakan kendaraan komersial," terang Rahmat. 

Sebagai tambahan informasi, Isuzu mu-X 4x2 sudah diperkenalkan di Thailand sejak dua tahun lalu dengan dua varian 4x2 dan 4x4. Kedua varian mobil menggunakan dua pilihan mesin diesel 1,9 liter plus turbo dan mesin diesel 3,0 liter. 

Di Indonesia, Astra Isuzu memilih membawa varian mesin 1,9 liter plus turbo. Mesin baru berkode RZ4E-TC empat silinder 1,898 cc common-rail, dengan intercooled VGS tersebt, mampu menghasilkan tenaga hingga 147 dk di 3.600 rpm dengan torsi 350 Nm di 1.800 rpm. 

Tenaga tersebut disalurkan ke empat buah roda melalui system 4x4 dengan transmisi otomatis 6 percepatan. (EPS)