Lebih Banyak Teknologi Canggih, Toyota Voxy Generasi Baru Resmi Meluncur di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 17/Feb/2022 17:00 WIB
Toyota Voxy generasi baru resmi masuk Indonesia (sumber: Toyota) Toyota Voxy generasi baru resmi masuk Indonesia (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Toyota-Astra Motor (TAM) telah resmi meluncurkan MPV berukuran menengah, yaitu Toyota Voxy, setelah debutnya di Jepang pada Januari 2022 silam. Voxy, yang secara global berada di generasi keempat, hadir dengan sejumlah fitur canggih di berbagai aspek.

Deretan fitur canggih tersebut tentunya siap menggugah pasar Indonesia dimana permintaan mobil berjenis ini termasuk tinggi. Terlebih karena Voxy disebut-sebut sebagai versi mungil atau ‘baby’ dari Alphard atau Vellfire, yang keduanya tergolong populer di Indonesia.

Baca Juga:
Dimensi Kompak Suara Menghentak, Speaker Hertz CK 165 F Cocok untuk Upgrade Audio Harian

“Kami bersyukur Voxy dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan mampu tampil sebagai market leader di segmennya. Secara total, Voxy telah membukukan penjualan retail lebih dari 13.000 unit, dan market share-nya pun stabil di level 70%.” buka Henry Tanoto, Vice President PT. TAM dalam keterangan resminya (17/2/2022).

Voxy generasi terbaru menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang membuat performa, kenyamanan, dan rasa berkendaranya lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Baca Juga:
Lebih Mewah dan Ramah Lingkungan, Lexus Luncurkan All-New LM di GIIAS 2023

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Pilihan Terjangkau untuk Fitur Lebih, Hyundai Luncurkan Varian Baru Stargazer Essential

Dari segi tampilan, Voxy generasi baru mengusung konsep desain energetic dan bold yang menyiratkan kesan mewah dan mengikuti perkembangan zaman. Ditambah lagi pelek 17 inci yang membuatnya lebih gaya.

Untuk akses ke kabin, sliding door dan power back door Voxy generasi baru dilengkapi kick sensor yang memudahkan penggunanya untuk membuka pintu, terutama di saat sedang membawa banyak barang bawaan.

Pintu belakang Voxy generasi terbaru, selain kick sensor juga dilengkapi side button agar bisa membuka pintu bagasi dari samping, terutama ketika terparkir di area sempit.

(sumber: Toyota)

Interior barunya dirancang lebih seimbang antara fungsi dan estetika, serta lebih ramah pengguna. Dasbor dirancang dengan jarak pandang horizontal, dan pilar A lebih tipis untuk mengurangi blind spot.

Selain itu, beberapa elemen interior seperti panel instrumen, door trim, pegangan tangan, dan panel AC ditata secara fungsional, agar ruang kabin terlihat rapi, atraktif, dan terbuka.

(sumber: Toyota)

Jok baris kedua dapat dimundurkan lebih jauh ke belakang, apabila jok baris ketiga dilipat sehingga membuat ruang kaki menjadi lebih lega. Penumpang juga bisa menjadikan jok kedua sebagai captain seat untuk jok baris ketiga layaknya sofa di rumah.

Voxy generasi terbaru juga memiliki fitur yang membuat berkendara lebih aman dan nyaman, yaitu electric parking brake, auto-hold button, panoramic view monitor, dan heater function untuk menghilangkan embun pada kaca spion.

Sementara fitur untuk memanjakan penumpang, ada head unit 9 inci, rear seat entertainment 11,6 inci, new wireless charger dan 6 USB support.

Voxy generasi terbaru menggunakan mesin baru M20A-FKS dengan kapasitas 2.000 cc 4-silinder 16 katup, dan teknologi TNGA Dynamic Force hingga mampu mengeluarkan tenaga 170 PS dan torsi 20,6 kgm.

Mesin baru tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT yang halus, responsif, dan lebih hemat bahan bakar.

(sumber: Toyota)

Sistem keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) sekarang tersemat di Voxy generasi terbaru, dan sudah update untuk kemampuan mendeteksinya, terutama untuk mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda, baik di siang hari maupun malam hari.

Improvisasi TSS tersebut juga berkontribusi pada kenyamanan, karena ada fitur Dynamic Radar Cruise Control yang membantu menjaga kecepatan dan jarak dengan mobil di depannya, terutama ketika berkendara di jalan tol.

Fitur T Intouch juga sudah menjadi standar Voxy generasi terbaru, yang bisa melacak keberadaan mobil, mengingatkan pemiliknya untuk servis, hingga road assistance saat kendaraannya bermasalah atau terjadi kecelakaan di jalan.

Voxy generasi terbaru dibanderol dengan harga Rp. 558.200.000,- untuk metal stram, atau Rp. 561.200.000 untuk warna sparkling black pearl, pearl white, dan glitter black.

(Joule)