Intip Mesin 1.000cc yang Digunakan Volkswagen T-Cross, Irit dan Bertenaga

  • Oleh : ADV

Rabu, 23/Feb/2022 14:29 WIB
Volkswagen T-Cross Volkswagen T-Cross

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT Garuda Mataram Motor (GMM), sebagai agen pemegang merek Volkswagen di Tanah Air, baru saja secara resmi meluncurkan produk anyarnya, yakni Volkswagen (VW) T-Cross.

Ahmad Badawi, Head of Sales PT Garuda Mataram Motor mengatakan, T-Cross adalah model SUV kedua yang saat ini ditawarkan Volkswagen di Indonesia selain Tiguan. T-Cross dihadirkan untuk menciptakan segmen baru SUV kompak di kelas premium.

Baca Juga:
Lebih Merangkul Para Pemilik Volkswagen, The Elite Adakan Meet-Up Morning Drivers Club Jelang Puasa

"Tampil dengan sosok yang akan menjadi pusat perhatian di jalan, VW T-Cross menampilkan garis keturunan global dan bahasa desain khas Volkswagen. Hal ini menegaskan bahasa desain yang karismatik, kekokohan sebuah SUV untuk kenyamanan konsumen," tuturnya saat acara peluncuran seara virtual, Rabu (23/02).

Baca Juga:
Usung Konsep Experience Showroom Multi Brand, Indomobil Plaza Hadirkan Lima Merek di IIMS 2023

Hadirnya T-Cross, tentunya akan semakin meramaikan segmen SUV kompak di Tanah Air. Sebelumnya, ada beberapa SUV kompak yang telah lebih dulu hadir, sebut saja Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan juga Nissan Magnite.

Di balik kap mesinnya, VW T Cross mengusung mesin kecil 1.000cc Turbocharged Stratified Injected (TSI) dengan opsi transmisi otomatis 6-speed generasi terbaru, yang membuat perpindahan gigi lebih halus dan responsif.

Baca Juga:
Ada Ekstra Garansi Lebih Panjang, Volkswagen Gelar Flash Ramadhan Sale

Mesin kecil yang kapasitasnya sama dengan para rivalnya tersebut, dapat dengan mudah menghasilkan tenaga maksimal hingga 113 dk pada 5.000 hingga 5.500 rpm, serta torsi puncak yang mencapai 178 Nm pada putaran mesin 1.750- 4.500 rpm. 

Walaupun torsi puncak dicapai mulai 1.750-4.500 rpm, tetapi penyaluran torsi yang besar sudah terasa pada saat tuas transmisi dipindah ke D (drive), dan torsi itu semakin besar pada saat pedal gas diinjak. 

Di atas kertas, tenaga T-Cross memang lebih besar dibanding pesaingnya. Bila Raize dan Rocky memiliki tenaga 98 dk dan torsi 150 Nm, mesin Nissan Magnite mampu memproduksi tenaga 98 dk dengan torsi 152 Nm.

Mengenai konsumsi bahan bakar, berdasarkan hasil pengujian VW, T-Cross diklaim mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 16,44 km/liter. "VW T-Cross ditenagai oleh mesin berteknologi TSI yang telah diakui secara global soal kekuatan dan efisiensinya," jelas Badawi.

Selain itu, T-Cross hadir dengan berbagai fitur keselamatan terdepan, termasuk 6 airbag, ESC, tiga sandaran kepala lengkap di baris belakang, sabuk pengaman 3 titik untuk kelima penumpang (semua mendapatkan tingkat keamanan yang sama), ISOFIX, dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan untuk semua kursi. 

Selanjutnya, terdapat pula sensor jarak parkir belakang, hill-hold control dan sistem peringatan tekanan ban. Dari segi harga, T-Cross memang jauh lebih mahal dari para pesaingnya yang dijual di rentang harga Rp 200 jutaan. 

Menurut Badawai, hal ini sesuai dengan target VW yang ingin T-Cross lebih leluasa bermain di kelas premium. Ditawarkan dengan harga Rp 488 juta (on-the-road Jakarta), T-Cross tersedia dalam enam pilihan warna, seperti Wild Cherry Red, Curcuma Yellow, Candy White, Reflex Silver, Carbon Steel Grey serta Rising Blue. (EPS)