Opsi Upgrade Audio di Mobil BMW, Audison Tawarkan Speaker dan Subwoofer Plug and Play

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 04/Mar/2022 11:20 WIB
Komponen Upgrade Audio Plug and Play Audison untuk BMW Komponen Upgrade Audio Plug and Play Audison untuk BMW

SoundandMachine.com (Jakarta) – BMW menjadi salah satu pabrikan favorit bagi produsen car audio untuk membuat komponen upgrade plug and play atau yang dirancang khusus. Salah satu produsen car audio yang membuat komponen upgrade plug and play untuk BMW adalah Audison.

Audison memiliki sejumlah komponen audio plug and play, mulai dari audio system 2-way hingga subwoofer, yang sudah dibuat untuk beberapa seri BMW, dan anak perusahaannya yaitu MINI.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Speaker

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Audison APBMW K4M (kiri) APBMW K4E (kanan) (sumber: Audison)

Mulai dari speaker, Audison menyediakan 2 pilihan speaker plug and play untuk mobil BMW keluaran sekarang yang sistemnya sudah 2-way, yaitu APBMW K4M dan APBMW K4E.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Secara spek keduanya sama, namun beda kompatibilitasnya, seperti misalnya K4M untuk di pintu depaan Seri-5 keluaran 2004 dan 2009, sementara K4E untuk pintu depan Seri-5 keluaran 2010 ke atas.

Keduanya memiliki midrange berukuran 100 mm dengan material yang bisa mengeluarkan suara natural dan tahan air, yaitu pressed paper cone. Selain itu, keduanya kapabel dengan frekuensi bawah antara 150-200 Hz, dan tetolon dome tweeter untuk suara 3-dimensional.

Subwoofer

(sumber: Audison)

Untuk subwoofer, Audison juga menyediakan 2 pilihan, yaitu APBMW S8-2 dan APBMW S8-4, dimana perbedaan utamanya ada pada impedance yang berperan untuk keserbagunaan sistem, yaitu 2 Ohm untuk APBMW S8-2 dan 4 Ohm untuk APBMW S8-4.

S8-2 dapat digunakan dalam multi-amplifikasi yang sepenuhnya aktif pada bagian depan, dan apabila memakai amplifier AP8.9 bit bisa dimaksimalkan kekuatannya pada 2 ohm, dengan menggunakan 2 saluran tambahan untuk sistem belakang.

Sementara untuk S8-4, sistem filter pasif mid-high-nya bisa di-bridge dengan crossover yang disediakan. Apabila memakai amplifier AP8.9 bit, 4 dari 8-saluran AP 8.9 bit bisa diatur di bridge mode yang memberikan 130W RMS ke setiap subwoofer S8-4.

Kedua subwoofer tersebut dilengkapi Neodymium magnet yang memiliki power dan control lebih baik dibanding Ferrite.

KABEL

(sumber: Audison)

Audison juga menyediakan kabel yang mengintegrasikan antara produk komponennya dengan audio system bawaan pabrik. Aki positifnya diambil dari head unit sehingga tidak sampai harus menjangkau mesin, berkat fitur Direct Cockpit Current (DCC).

Fitur DCC juga bisa dipakaikan dengan amplifier AP bit yang mengontrol absorption peaks, sehingga melindungi sistem power supply.

Jadi seperti itulah Audison membuat komponen upgrade audio untuk BMW, bagaimana menurut kawan SoundandMachine? (Joule)