Teknologi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Siap Ciptakan Lingkungan Hidup Lebih Baik

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 31/Mar/2022 22:38 WIB
Hyundai Ioniq 5 resmi diluncurkan, siap membuat kehidupan Indonesia lebih baik. Hyundai Ioniq 5 resmi diluncurkan, siap membuat kehidupan Indonesia lebih baik.

SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Hyundai Motor Indonesia (HMI) telah resmi merilis mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, yaitu Hyundai Ioniq 5. Ioniq 5, yang dirakit di Cikarang, Jawa Barat, siap membuat lingkungan hidup lebih baik melalui sejumlah teknologinya.

“Melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia.” buka SungJong Ha, President Director of PT Hyundai Motors Indonesia dalam keterangan resminya (31/3/2022).

Baca Juga:
Perubahan Regulasi Ikuti Tren Otomotif Global, Car Audio Network Gelar Competitors Training 2024

Ioniq 5 dibuat dengan platform yang didesain khusus untuk BEV, yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Baca Juga:
Capaian Kuartal Pertama Turun, Pameran GIIAS 2024 Siap Gairahkan Kembali Industri Otomotif

Platform tersebut memberikan berbagai manfaat termasuk peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, penguatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior yang dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.

Selain itu E-GMP mengurangi kompleksitas yang ada melalui modularisasi dan standarisasi, sehingga memungkinkan pengembangan produk yang cepat dan fleksibel yang dapat digunakan di sebagian besar segmen kendaraan, seperti sedan, SUV, dan lainnya.

Baca Juga:
Animo Sportscar Jepang Sangat Tinggi, Belkote Dukung Event JDM Funday di Sirkuit Mandalika

Dengan filosofi ‘Sensuous Sportiness’ yang fokus pada aura dan impresi tampilan yang berbeda dan kuat, disertai nilai emosional dan antusiasme, Ioniq 5 tampil serba futuristis, namun tanpa melupakan model leluhurnya, yaitu Hyundai Pony keluaran tahun 1974.

Parametric Pixel LED Headlamps, Front Center Garnish Hidden LED, dan kap mesin tipe clamshell membuat Ioniq 5 memiliki tatapan yang tajam, sekaligus fungsional karena dapat mengoptimalkan sisi aerodinamika berkendara.

Selain itu, Ioniq 5 juga memiliki Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps disertai dengan bentuk spoiler yang aerodinamis di buritan.

Di sisi samping, gagang pintu IONIQ 5 menggunakan tipe Flush Door Handles yang terlihat rata dengan body saat mobil dalam posisi terkunci layaknya sportscar. Flush Door Handles ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan bekerja otomatis pada tipe Signature.

Futuristiknya interior IONIQ 5 bukan hanya dari tampilan, tetapi juga bahan yang digunakan, karena terbuat dari bahan daur ulang.

Seperti misalnya, material jok Ioniq 5 terbuat dari botol PET atau biasa digunakan untuk air mineral kemasan , namun daur ulang.

Setidaknya ada 32 botol plastik yang disterilkan, dihancurkan, dan diparut menjadi serpihan plastik untuk dicairkan, kemudian dipintal menjadi benang yang membuat kain pelapis anyaman. Material seperti ini meskipun unik tetapi juga tetap mengarah kepada kenyamanan.

Platform E-GMP, juga telah mendukung realisasi tema ‘Living Space’ pada Ioniq 5, sehingga menawarkan pengalaman yang sangat berbeda dan belum pernah ada sebelumnya.

Seperti misalnya, konsol tengah dapat dipindahkan serta dapat digeser mundur sejauh 140 mm, dipadukan dengan lantai datar tempat baterai disimpan, kursi depan yang dapat disesuaikan dan direbahkan sepenuhnya, memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak di dalam mobil.

Melengkapi kenyamanannya, Ioniq 5 sudah dilengkapi Full TFT LCD Touch Audio Display sebesar 12,3 inci, LED ambient mood lighting, hingga audio yang sudah Bose Premium Sound System dengan 8 speaker.

Untuk tipe tertinggi atau long range, motor listriknya memiliki kemampuan berakselerasi paling cepat 0 - 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik, dan mampu menempuh jarak paling jauh 481 KM.

Dengan demikian, Ioniq 5 akan membuat kehidupan di Indonesia yang lebih baik, termasuk dari segi lingkungan hidup.

(Joule)