Lebih Ramah Lingkungan, Komponen Hyundai Ioniq 5 Ini Pakai Material Daur Ulang

  • Oleh : redaksi

Senin, 04/Apr/2022 15:35 WIB
Hyundai Ioniq 5 di pameran indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. (foto: joule) Hyundai Ioniq 5 di pameran indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. (foto: joule)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Hyundai Motor Indonesia meluncurkan mobil listrik baterai Ioniq 5 di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 pada tanggal 31 Maret hingga 10 April 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Ioniq 5 menawarkan aspek keramahan lingkungan yang lebih menyeluruh dalam arti, bukan hanya motor listrik baterai yang nol emisi gas buang, tetapi juga dari pemakaian materialnya namun tetap memberi kesan mewah.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Agar lebih ramah lingkungan, Hyundai memakai material yang berasal dari hasil daur ulang untuk interiornya.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Jok Ioniq 5 terbuat dari plastik Polyethylene Terephthalate atau PET yang didaur ulang. Sekedar informasi, PET merupakan material plastik yang biasa digunakan untuk air mineral kemasan botol.

Setidaknya ada 32 botol plastik yang disterilkan, dihancurkan, dan diparut menjadi serpihan plastik. Serpihan tersebut kemudian dicairkan dan dipintal menjadi benang yang membuat kain pelapis anyaman yang menarik namun tetap nyaman.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Kemudian untuk cover jok Ioniq 5, menggunakan kain campuran wol yang ramah lingkungan.

Material daur ulang Ioniq 5 lainnya ada pada detail pintu yang terbuat dari 100% kertas HDPE. Kertas tersebut memiliki tekstur ringan yang sama seperti kertas tradisional Korea.

Pintu serta bantalan benturan atau crash pad dari Ioniq 5 dicat dengan cat berbahan alami, mengandung minyak yang diekstrak dari tanaman seperti bunga lobak dan jagung.

Konsep ini akan memberikan pengalaman terbaik serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan untuk generasi mendatang.

Tak ketinggalan, pemakaian materal daur ulang tersebut tentunya bisa menginspirasi para pelaku industri pendukung otomotif untuk melakukan hal yang sama demi kebaikan lingkungan hidup ke depannya.

(*)