IIMS Hybrid 2022: Mobil Ini Jadi Inspirasi Desain Futuristik Hyundai Ioniq 5

  • Oleh : redaksi

Minggu, 03/Apr/2022 12:15 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Hyundai Motor Indonesia (HMI) telah resmi merilis mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, yaitu Hyundai Ioniq 5.

 
Di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada 31 Maret – 10 April, mobil ini ditampilkan.

Baca Juga:
Ini Dia Tiga Keunggulan Kabin Mobil Keluarga Yang Akan Hadir di Model MPV Terbaru


Ada sejumlah fakta menarik dari Hyundai Ioniq 5 yang dibuat dengan platform yang didesain khusus untuk BEV, yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP).  


Ioniq 5 disajikan dalam bentuk desain yang futuristik dengan filosofi ‘Sensuous Sportiness’, dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta berfokus pada aura tampilan yang kokoh, disertai nilai emosional dan semangat.

Baca Juga:
Mobil Listrik Mungil Wuling Sodorkan Dua Keunggulan Inovatif Pada Eksteriornya


Konsep dan filosofi Ioniq 5 mewujudkan warisan dan visi Hyundai untuk mobilitas masa depan, yang berasal dari konsep Pony Coupe 1974.  

Dengan kata lain, desain Ioniq 5 mewakilkan konsep dari masa lalu, sekarang, dan masa depan. Desain ini menunjukan bagaimana Hyundai ingin menyongsong masa depan namun tetap mengingat dari mana titik awal ia berasal.

Baca Juga:
Modifikasi Suzuki New Carry Pick-Up, Usung Konsep Unik dan Maksimalkan Fungsi


Melalui desain elektrifikasi dan inovasi yang canggih, Ioniq 5 mengubah cara orang memandang mobil listrik.  
Ini adalah perwujudan sempurna dari desain mobil dengan performa luar biasa, bahan baku ramah lingkungan, dan rangkaian teknologi inovatif lainnya.


Tampilan eksteriornya yang unik dan futuristik dilengkapi Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LED’s yang menambah kesan masa depan dari Electric Vehicle ini.  


Dengan penggunaan kap mesin bertipe clamshell menjadikan Ioniq 5 dapat mengoptimalkan sisi aerodinamika berkendara.  
Desain dinamis yang menonjol juga ditunjukkan lewat konsep Parametric Dynamics, yaitu sebuah desain garis yang seakan membuat pintu baris pertama menyatu dengan pintu baris kedua.

Gagang pintu Ioniq 5 menggunakan tipe Flush Door Handles yang terlihat rata dengan body saat mobil dalam posisi terkunci.  
Flush Door Handles ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan bekerja otomatis pada tipe Signature.

Pada tampilan belakang, Ioniq 5 kembali menampilkan ciri khasnya sebagai kendaraan berdesain modern dengan Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps disertai dengan bentuk spoiler yang aerodinamis.


Desain parametrik juga kembali ditonjolkan pada penggunaan pelek berdiameter 20-inch alloy wheel, yang disebut sebagai Parametric Wheel Design.


Ioniq 5 ditawarkan dalam lima pilihan warna, yakni: Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte.

Desain dan rancang bangun inovatif yang diterapkan pada Ioniq 5 diyakini dapat membuka persepsi publik mengenai terobosan yang ada pada mobil listrik. (*)