Vehicle-to-Load (V2L), Fitur Inovatif Hyundai Ioniq 5 yang Bisa Suplai Listrik Rumah

  • Oleh : anto

Kamis, 07/Apr/2022 16:51 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Sukses bikin penasaran pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali mendemonstrasikan salah satu fitur unggulan Ioniq 5.
 
Fitur inovatif yang ada di mobil listrik mid-size pertama Hyundai yang diproduksi di Indonesia, Ioniq 5, yakni Vehicle-to-Load (V2L) yang secara teknis bisa suplai kebutuhan listrik di rumah.
 
Pada kesempatan kali ini, HMID mendemonstrasikan V2L melalui sebuah Ca[r]fé atau Café yang seluruh kebutuhan listriknya ditenagai oleh IONIQ 5.  
 
Fitur V2L sendiri memungkinkan IONIQ 5 menjadi sumber listrik pendukung mobilitas penggunanya, seperti dalam kegiatan outdoor, dimanapun, kapanpun.
 
Fitur V2L memiliki pasokan arus listrik tipe AC sebesar 3,6 kW yang melebihi standar daya listrik domestik untuk satu rumah tangga.  
 
Arus listrik tersebut dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati, atau dari port yang terletak di bagian dalam.
 
Tepatnya di bawah kursi baris kedua yang tetap bisa digunakan sekalipun mobil tengah dikendarai. Fungsi V2L dapat diaplikasikan untuk mengisi daya perangkat bertenaga listrik apapun, seperti sepeda listrik, skuter listrik, peralatan berkemah, hingga treadmill.  
 
Selain itu, saat di situasi di mana mobil listrik lain tengah kehabisan baterai, fitur ini dapat digunakan untuk mengecas mobil tersebut menggunakan Handheld Portable Charger.

Melalui demonstrasi ini, HMID menunjukan berbagai kebolehan dari fitur inovatif V2L dengan mentenagai perlengkapan elektronik di area Ca[r]fé, yaitu terdiri dari mesin penghalus biji kopi (grinder), mesin espresso dan kulkas mini.

Baca Juga:
Gandeng Yamaha, Toyota Akan Kembangkan Mesin V8 Hidrogen Bertenaga Besar

Hingga, bahkan sebuah treadmill untuk menunjang kebutuhan pengalaman di area tersebut, di mana keseluruhan perangkat membutuhkan setidaknya daya listrik sebesar hingga 3.000 W.

Baca Juga:
Varian Toyota Fortuner Terbaru, Ternyata Pakai Mesin yang Andal di Lintasan Balap

Kebutuhan daya listrik ini tentunya dapat dipenuhi dengan baik oleh fitur V2L karena mampu menyuplai daya hingga 3.600-Watt atau 3,6 kW.
Pengunjung dapat mengunjungi Ca[r]fé, serta melihat jajaran produk Hyundai lainnya selama penyelenggaraan IIMS mulai tanggal 31 Maret – 10 April 2022 di Hall D1, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
“Sebagai mobil listrik murni pertama yang diproduksi di Indonesia, IONIQ 5 dihadirkan dengan berbagai teknologi terkini milik Hyundai,” jelas Makmur, Chief Operating Officer PT HMID.
 
Dengan adanya fitur ini, HMID berharap Ioniq 5 dapat memenuhi kebutuhan mobilitas pengguna Indonesia terutama bagi mereka yang menyukai kegiatan outdoor, dan membutuhkan sumber daya listrik di tempat yang tidak memungkinkan adanya listrik.  
 
“Sekaligus membuktikan bahwa Hyundai tidak hanya berfokus dalam menciptakan kendaraan yang hanya dapat membantu orang berpindah dari satu titik satu ke titik lainnya, namun Hyundai juga ingin memberikan kenyamanan melalui inovasi yang tidak terlupakan bagi para pelanggannya,” tutup Makmur.
 
Inovasi pada Hyundai Ioniq 5 diyakini membuka persepsi tentang mobil listrik di Indonesia lebih luas lagi. (anto)
 
 
 
 

Baca Juga:
Toyota GR Supra Racikan Toms Ini Lebih Bertenaga dan Nyaman untuk Perjalanan Jarak Jauh