Ini Dia Sejumlah Pabrikan yang Tampilkan Mobil Listrik Baterai di IIMS Hybrid 2022

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 12/Apr/2022 12:15 WIB
Mobil listrik di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 Mobil listrik di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022

SoundandMachine.com (Jakarta) – Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, yang diadakan pada tanggal 31 Maret hingga 10 April 2022 di JIExpo, Jakarta, diramaikan oleh mobil listrik baterai.

Hal tersebut terlihat dari aktifitas booth, mulai dari eksibitor agen pemegang merk (APM) hingga non-agen pemegang merk.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Pertama, 9 dari 14 eksibitor pabrikan memajang mobil listrik selama 11 hari pameran, baik sekedar konsep atau studi, maupun peluncuran mobil baru.

Eksibitor pabrikan IIMS Hybrid 2022 yang memajang mobil listrik antara lain Toyota, Mitsubishi, Hyundai, MG, Wuling, DFSK, Chery, Tesla, dan Renault.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Toyota-Astra Motor memajang mobil listrik konsep Kijang Innova EV yang kehadirannya mengejutkan publik, karena muncul tanpa teaser resmi oleh Toyota. Meski begitu memikat masyarakat, sayangnya Toyota hanya memajang mobil listrik konsep tersebut di hari pertama saja.

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Akan tetapi, Toyota tetap menghadirkan mobil listrik baterai selama 11 hari pameran, yaitu C+Pod yang tidak dijual tetapi digunakan untuk proyek eco-tourism di Bali.

Hyundai memanfaatkan momen IIMS Hybrid 2022 untuk meluncurkan mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, yaitu Ioniq 5.

Antusiasme Ioniq 5 tergolong tinggi di Indonesia, hingga membuatnya menjadi mobil yang paling banyak di-test drive para pengunjung IIMS Hybrid 2022 dan Best Electric Car.

Selain Hyundai, Tesla melalui Prestige Image Motorcars juga meluncurkan mobil listrik terbarunya di IIMS Hybrid 2022, yaitu Model Y yang merupakan versi crossover dari sedan Model 3.

Pameran IIMS Hybrid 2022 menjadi momen bagi pabrikan asal Tiongkok untuk melakukan studi pasar mobil listrik baterai di Indonesia, melalui mobil yang diboyong dengan spesifikasi negara asalnya, yaitu Baojun Kiwi atau Wuling GSEV, Chery Omoda 5, Chery EQ1 dan DFSK Seres SF5.

Pabrikan Jepang juga memanfaatkan momen IIMS Hybrid 2022 untuk melakukan studi pasar mobil listrik baterai di Indonesia, melalui mobil yang diboyong langsung dari negara asalnya, yaitu Mitsubishi Minicab MiEV

Tesla Model S, Tesla Model 3, Tesla Model X, DFSK Gelora, Renault Twizy, Renault Zoe, dan Hyundai Kona EV juga turut hadir meski bukan mobil baru, tetapi jadi meramaikan mobil listrik baterai di IIMS Hybrid 2022.

Dari sekian mobil listrik baterai yang ada di IIMS Hybrid 2022, hanya Ioniq 5 dan DFSK Gelora yang bisa di-test drive. Menariknya, Ioniq 5 tercatat sebagai salah satu mobil yang paling banyak di-test drive oleh para pengunjung IIMS Hybrid 2022.

Kehadiran mobil listrik baterai juga sampai di booth non-pabrikan, yaitu Ford Mustang Mach di booth IMI, dan salah satu peserta kontes modifikasi Hot Import Nights ada yang menggunakan Tesla Model 3.

Dengan demikian, pameran IIMS Hybrid 2022 menunjukkan bahwa animo masyarakat terhadap mobil listrik baterai meningkat, sehingga semakin menjadi kendaraan masa depan. (Joule)