Pakai Material Carbon Kevlar, Alpine DP-653 Sodorkan Teknologi Speaker 3-Way Teratas

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 21/Apr/2022 12:50 WIB
Speaker 3-Way Alpine DP-653 dengan teknologi dan inovasi audio system papan atas (sumber: Alpine) Speaker 3-Way Alpine DP-653 dengan teknologi dan inovasi audio system papan atas (sumber: Alpine)

SoundandMachine.com (Jakarta) – Produk audio mobil Alpine kerap menghadirkan teknologi dan inovasi yang bukan hanya enak didengar, tetapi juga menarik untuk dilihat bahkan dalam kondisi tidak terpasang sekalipun.

Termasuk speaker 3-way yang baru-baru ini hadir di Indonesia, yaitu Alpine DP-653. DP-653 menawarkan unsur estetika yang mengarah kepada performa, bahkan dari pertama melihat barangnya.

Baca Juga:
Speknya Kompetitif, Dominations Audio Luncurkan Power Supply dan Amplifier Terbaru

Pasalnya, DP-653 memakai material carbon fiber yang dari tampilannya saja, sudah meyakinkan untuk orang awam sekalipun bahwa speaker tersebut memiliki unsur performa.

Hanya saja bicara unsur performa, carbon fiber untuk speaker tentunya memiliki benefit yang berbeda dibanding untuk bodi seperti yang umum diaplikasikan.

Baca Juga:
Gerai Audio Mobil Bestbuddyshop Sunter Rayakan Raihan Champions of Champion PAHAMI 2024

“Serat karbon (carbon fiber) kaku mencerminkan kekuatan bass yang unggul dan tangguh untuk mencapai berbagai konvergensi pemutaran sumber suara.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop selaku distributor Alpine di Indonesia dalam keterangan resminya (29/3/2022).

Sekedar informasi, carbon fiber merupakan material andalan Alpine dalam pembuatan speaker, bahkan untuk produk audio sistem termahalnya sekalipun, yaitu Alpine F1 Status.

Baca Juga:
Pakai Produk Audison, Toyota Fortuner Ini Konsisten Upgrade Audio dari Simpel Sampai High End

(sumber: Alpine)

Selain carbon fiber, DP-653 memiliki material kevlar yang menghadirkan suara yang halus untuk mid-tone-nya. Hibrida material antara carbon fiber dengan Kevlar seperti ini membuatnya memiliki jangkauan luas dari sumber suara dengan konvergensi natural.

“Carbon itu stiff (kaku), kevlar itu suaranya manis, jadi digabungin dia mendapatkan sesuatu yang bisa akurat tapi tetep luwes.” jelas Wahyu.

(sumber: Alpine)

Tweeter dengan material aluminum-magnesium bisa menghasilkan suara instrumen yang lebih jelas, sehingga lebih enak didengar.

(sumber: Alpine)

Kemudian untuk terminal yang dilapis emas karena tahan karat dan resistensi rendah dengan fidelitas tinggi.

(sumber: Alpine)

Surround pada DP-653 yang berteknologi High Amplitude Multi-Roll (H.A.M.R) diadopsi dari audio system high-end yang meningkatkan output dan kualitas suara.

Hasilnya, DP-653 terbukti membuat kualitas audio system mobil menjadi jauh lebih baik dibandingkan standarnya, dan ternyata dari dimensinya tergolong OEM friendly yang berarti pas dengan dudukan audio standar pada umumnya.

(sumber: Cartens)

Seperti yang sudah dilakukan oleh Cartens Audio sebagai salah satu dealer resmi Alpine di Indonesia, kepada pelanggannya dengan mobil Mercedes-Benz SL. Sekedar informasi, audio standar SL sudah bersistem 3-way dan Cartens hanya mengganti speaker bawaannya dengan DP-653.

“Overall suaranya clean, bass-nya kenceng, vokalnya juga asik.” ungkap Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Audio.

Bagi kawan SoundandMachine.com yang tertarik, DP-653 tersedia di Cartens Audio dengan harga Rp. 15 juta.

Spesifikasi Alpine DP-653

Speaker type 3-Way, frequency response 65 Hz-24KHz, power handling 50 Watt (RMS) 240 Watt (peak), H.A.M.R design, diaphragm material hybrid fiber (kevlar and carbon fiber), tweeter material aluminum-magnesium alloy tweeter, terminal material gold-plated, woofer mounting diameter 165 mm, woofer mounting depth 59 mm.

Cartens Audio (081383720288)

Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Rukan Blok D2 No.22-23, Jl. Fatmawati, RT.1/RW.5, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12150

(Joule)