Pertama di Indonesia, Instalasi Speaker Focal HDA 165 di Motor Harley Davidson

  • Oleh : anto

Sabtu, 23/Apr/2022 13:30 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Focal, produsen peranti car audio papan atas asal Perancis, rupanya punya lini produk khusus sepeda motor, yakni speaker seri HDA 165.
 
Gerai audio Sterindo Autosound Jakarta jadi yang pertama di Indonesia, yang melakukan instalasi speaker Focal HDA 165 di motor Harley Davidson Street Glide produksi tahun 2014.
 
Disebutkan, perangkat speaker ini peruntukkannya khusus Harley Davidson tipe touring lansiran tahun 2014 ke atas.
 
Dimana deretan tipe Touring dari produsen motor asal Amerika Serikat ini seperti Street Glide, Road Glide, Electra Glide hingga Ultra Classic Electra Glide sudah dibenamkan sistem audio orisinal dari pabrikannya.
 
“Keunggulan dibanding OEM, brand Focal ini kualitasnya kita enggak ragu,” buka Sandy Wuntoro, founder sekaligus instalatur Sterindo Autosound kepada Tim Soundandmachine.com di lokasi gerainya (21/4/2022).  
 
Menurutnya material speaker ini diciptakan untuk penggunaan ruang terbuka (outdoor), tweeter didesain seperti terompet atau toa (pengeras suara), yang mengarah powerfull ke satu titik.
 
“Kami perbaiki kualitas suaranya. Soal pengaruh getaran motor sudah dihitung matang oleh pabrikan Focal. Speaker ini sudah didesain sesuai frekuensi yang dikeluarkan, ini seperti speaker Marine, jadi sudah waterproof,” jelas Sandy yang sebelumnya sudah pernah melakukan instalasi audio di motor gede seperti Harley Davidson.  
Speaker OEM dan rumah speaker original bawaan Harley Davidson Street Glide. (foto: anto)

Pemasangan Focal HDA 165 ini sifatnya ‘plug and play’, dengan memanfaatkan rumah speaker asli bawaan motor Harley Davidson tipe touring yang sudah punya diameter sama dengan speaker OEM, yakni 6 inci.
 
Sementara untuk tipe touring produksi sebelum tahun 2014 lingkar speaker-nya belum genap 6 inci. Nah, pada proses instalasi kali ini, ternyata punya tantangan tersendiri.
 
“Kalau kita lihat video pemasangan speaker ini di luar negeri, kabelnya main potong, saya di-challenge pemilik Harley ini supaya jangan sampai potong kabel asli, tapi pakai soket to soket,” ungkapnya.
Speaker Focal HDA 165 yang sudah customize 'soket to soket' oleh Sterindo Autosound. (Foto: anto)

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Setelah dianalisa Sandy, ternyata beberapa soket audio bawaan yang ada di Harley davidson, ada yang sama dengan soket audio mobil.
 
“Kami customize hanya di soket, kabel dari speaker kita kasih soket baru hingga ‘plug and play’, sudah kami siapkan ‘soket to soket’ tanpa ada potong kabel original motor,” jelas Sandy.
 
Dengan begitu, proses instalasi pun terbilang singkat hanya sekitar satu jam. Dibantu teknisi khusus Harley Davidson dari gerai Batavia Motowork di Kemang, Jakarta Selatan untuk membuka fairing dasbor tempat rumah speaker original ditempatkan.
 
Hasilnya, keluaran suara lebih baik dibanding dari speaker bawaan berlabel Harley Davidson yang ‘made in china’. Focal hda 165 ini diharga Rp 8 jutaan belum termasuk biaya instalasi dan soket.
 
Berminat? Bisa menghubungi Sterindo Autosound di nomor +628129199298. (anto)

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro