Fenomena Kei-car Honda S660 di Indonesia, Jadi Trending Pasca Berhenti Produksi

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 26/Apr/2022 13:30 WIB
Honda S660 di Ivan`s Motor Honda S660 di Ivan`s Motor

SoundandMachine.com (Jakarta) – Honda S660 merupakan sportscar bermesin tengah dan berpenggerak belakang dengan spesifikasi kei-car, yang berarti kapasitas mesinnya tidak lebih dari 660 cc dan tenaganya maksimum 64 PS.

Diluncurkan sejak tahun 2015, S660 menjadi spiritual successor Honda Beat, yaitu sportscar berspesifikasi kei-car dengan kapasitas mesin 660 cc yang mampu menghasilkan tenaga 64 PS tanpa turbo.

Baca Juga:
Kendaraan Komersial Bertenaga Listrik Pertama di Indonesia ini Siap Dukung KTT G20

DNA tersebut diwariskan ke S660, kecuali mesinnya karena memakai turbo, yang berarti fokus utamanya lebih ke performa untuk melahap tikungan. S660 dihentikan produksinya pada tahun 2022 setelah diumumkan pada tahun 2021, dan ketika momen itulah baru menjadi tren di Indonesia.

Terutama di kalangan importir umum, Ivan’s Motor memasukkan unit S660 dan cepat laku, meski diantaranya bertransmisi manual dengan varian Modulo X.

Baca Juga:
Gandeng OLX Autos, IMX 2022 Akan Hadirkan Konten Modifikasi Berbasis Mobil Bekas

“Sebetulnya udah rame, cuma belum segitu keliatannya. Di sini kita melihat ada ketertarikan kita ‘hajar’. Kita sempat masukin dan cepat lakunya.” buka Iskandarsyah, Marketing Ivan Motors kepada SoundandMachine.com di Ivan’s Motor, Arteri Pondok Indah, Jakarta.

Kesuksesan dalam penjualan S660 menjadi pemicu bagi Ivan’s Motor untuk mencoba merambah ke segmen kei-car, terlepas dari soal persepsi masyarakat Indonesia terhadap mobil berkapasitas 660 cc. Dalam waktu dekat, Ivan’s Motor akan menghadirkan kei-car Suzuki Wagon R Smile Hybrid.

Baca Juga:
Factory Visit Aki Massiv: Usung Teknologi Terkini, Produksi Indonesia untuk Pasar Otomotif Dunia

Honda S660 dari Sanny Auto Gallery di pameran Indonesia International Motor Show Hybrid 2022

Selain Ivan’s Motor, importir umum Sanny Auto Gallery juga memasukkan unit S660, dan sempat dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 melalui booth Ikatan Motor Indonesia.

Hanya saja apakah Sanny Auto Gallery tertarik untuk memasukkan kei-car selain S660, tergantung pada permintaan pelanggannya.

“Kita masukin apa aja sesuai request customer mau jenis apapun bisa.” jelas Dewi, Marketing Sanny Auto Gallery.

Honda S660 dari importir Adi Putra Makmur (sumber: Facebook Teguh JDM)

Importir Adiputra Makmur juga tertarik memasukkan unit S660, namun bertipe Modulo X dan Type Z yang keduanya bertransmisi manual. Kehadiran S660 tersebut mengundang perhatian YouTuber otomotif Luthfi Aziz untuk di-review.

“Kebanyakan yang masuk Indo matik, jadi perusahaan saya memutuskan untuk masukin yang manual.” jawab Teguh dari Adiputra Makmur.

Di Indonesia, kehadiran S660 sendiri sebetulnya sudah cukup lama di Indonesia, namun belum begitu terdengar seperti setelah ada kabar mengenai pemberhentian produksinya.

S660 mulai terdengar setelah YouTuber otomotif Ridwan Hanif memakainya untuk konten YouTube Road Party bertemakan mobil atap terbuka, bersama Fitra Eri, Om Mobi, dan Arief Muhammad.

Display Honda S660 di Dreams Cafe, kafe milik PT. Honda Prospect Motor di Senayan Park

PT. Honda Prospect Motor, selaku agen pemegang merk Honda di Indonesia sendiri tidak pernah mengedarkannya secara resmi, akan tetapi pernah dipajang di cafe-nya, yaitu Dreams Cafe di Senayan Park, Jakarta.

Menurut keterangan resminya, HPM memajang S660 di Dreams Cafe agar mobil display-nya lebih bervariasi, dan menurutnya sportscar tersebut memiliki histori bagi Honda.

(Joule)