Bakal Trending, Sejumlah Importir Mulai Tertarik Hadirkan Mobil Imut Kei-Car di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 27/Apr/2022 15:40 WIB
Kei-car yang hadir di showroom importir umum di Indonesia, Honda S660, Daihatsu Copen, dan Daihatsu Taft. Kei-car yang hadir di showroom importir umum di Indonesia, Honda S660, Daihatsu Copen, dan Daihatsu Taft.

SoundandMachine.com (Jakarta) – Bicara soal kei-car di Indonesia, untuk sekarang ini salah satu mobil yang menjadi pembicaraan adalah Honda S660, karena dipakai oleh YouTuber otomotif Ridwan Hanif untuk konten YouTube Road Party bersama Fitra Eri, Om Mobi, dan Arief Muhammad.

Namun pada tahun 2021 Honda mengumumkan bahwa S660 akan dihentikan produksinya, dan beberapa waktu berselang, sejumlah importir umum banyak yang tertarik memasukkan unitnya ke Indonesia.

Baca Juga:
Kendaraan Komersial Bertenaga Listrik Pertama di Indonesia ini Siap Dukung KTT G20

Sekarang Honda telah resmi menghentikan produksi S660, yang bisa dikonfirmasi dari absennya di website resmi Honda Jepang, sehingga peredarannya relatif terbatas dan cepat atau lambat akan menjadi collector item.

Baca Juga:
Gandeng OLX Autos, IMX 2022 Akan Hadirkan Konten Modifikasi Berbasis Mobil Bekas

Baru-baru ini muncul sebuah fenomena bahwa mobil berjenis kei-car selain S660 mulai dilirik oleh importir umum. Contohnya Ivan’s Motor di bilangan Arteri Pondok Indah, yang akan memasukkan kei-car dengan target mulai dari warga DKI Jakarta.

“Compact car itu di Jakarta sangat cocok sekali, baik untuk market perempuan, anak-anak yang sudah dewasa, itu pengennya mobil yang simple, keren, dan di Jepang sendiri ramai dipakai anak muda.” buka Iskandarsyah, Marketing Communication Ivan’s Motor kepada SoundandMachine.com di Ivan’s Motor, Arteri Pondok Indah, Jakarta (21/4/2022).

Baca Juga:
Factory Visit Aki Massiv: Usung Teknologi Terkini, Produksi Indonesia untuk Pasar Otomotif Dunia

Menurut Iskandarsyah, salah satu yang mendasari bahwa kei-car cocok di Jakarta adalah karena dimensi mungil dan kapasitas mesin yang begitu kecil sehingga efisien bahan bakar.

Sementara kei-car sendiri memiliki panjang maksimal 3,4 meter, lebar maksimal 1,48 meter, tinggi maksimal 2 meter, dan kapasitas mesin maksimal 660 cc.

Sebagai permulaan, Ivan’s Motor akan memasukkan Suzuki Wagon R Smile yang memiliki penggerak depan dan mesin hybrid.

“Kita post di Instagram incoming car kita Wagon R Smile ini, yang nanya banyak. Baik dari existing customer kita, maupun penggiat otomotif kita yang follow di Instagram. Saya yakin ke depannya untuk kei-car Ivan’s Motor akan coba terus memasukkan, sangat cocok di Jakarta.” jelas Iskandarsyah.

Selain Ivan’s Motor, importir umum JDM CBU Cars yang satu grup dengan showroom sepeda motor impor Hobby Motor, juga akan memasarkan kei-car sebagai permulaan untuk merambah segmen roda empat.

JDM CBU Cars sudah memiliki segmennya sendiri untuk memasarkan kei-car, yaitu pelanggannya di Hobby Motor, dan mulai dari memasukkan Daihatsu Copen dan Taft yang unitnya sudah ada di showroom-nya.

“Pelanggan kei-car di kita adalah yang sering beli (sepeda motor Honda) Monkey di kita. Mereka suka yang minimalis, kenapa kita memberanikan diri untuk (masukin) kei-car.” ujar Michael Sofyan, mewakili pendiri JDM CBU Cars.

Pengumuman open order Honda N-BOX oleh Kevin Lee di Instagram Story (sumber: instagram kepinmon)

Meski tidak membuka showroom importir umum, pemilik gerai detailing Fine Gloss Kevin Lee juga membuka order kei-car Honda N-BOX. Ketika diumumkan melalui Instagram Story-nya yaitu kepinmon, Kevin membuka open order untuk 10 unit dan terjual habis dalam waktu 2 hari.

“Dapat award Best Seller kei-car di Jepang 2022, fiturnya paling lengkap di kelasnya, dan brand Honda yang kuat.” ungkap Kevin.

Berbekal kesuksesan tersebut, rencananya Kevin akan menambah unit N-Box lagi tahun depan, karena di Jepang sudah sold out sampai tahun 2023, dan juga memasukkan kei-car lainnya.

“Di Jepangnya buat cari banyak unit sekaligus, sulit. Kalau mau masukin ke Indo minimal harus diatas 8 mobil baru bisa jalan.” tambah penggemar mobil Honda tersebut.

Ketika tiba di Indonesia, mobil tersebut akan dimasukkan ke showroom dan importir umum resmi yang masih relasinya Kevin.

Dengan demikian, kehadiran kei-car akan mewarnai pasar otomotif di Indonesia. Siapa yang berminat? (Joule)