Lini Subwoofer Baru Focal Motorities, Pilihan Adaptif Untuk Bass Lebih Nendang

  • Oleh : redaksi

Senin, 09/Mei/2022 12:07 WIB
Focal memperkenalkan lini subwoofer terbaru Focal Motorities (sumber: Focal) Focal memperkenalkan lini subwoofer terbaru Focal Motorities (sumber: Focal)

SoundandMachine.com (Perancis) – Produsen audio Focal memperkenalkan lini produk subwoofer terbarunya yaitu Focal Motorities, yang lebih menyesuaikan preferensi instalasi namun tetap menawarkan performa bass lebih.

Subwoofer seri Focal Motorities memiliki 2 varian ukuran, yaitu 10 inci dan 12 inci sehingga dari segi ukuran lebih bisa menyesuaikan preferensi pemilik mobil, terutama apabila memilih untuk mengikuti OEM-nya.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Namun masing-masing ukuran subwoofer memiliki 3 sub-variannya lagi. Untuk ukuran 10 inci misalnya, ada Sub 10 atau yang standarnya, Sub 10 Slim yang lebih pipih kerucutnya, dan Sub 10 Dual untuk performa lebih meskipun dimensinya sama seperti Sub 10.

Ketiganya dilengkapi butyl surround untuk resistensi superior, sasis baja agar kaku dan kompak, spider decompression untuk ventilasi voice coil, kerucut polypropylene dengan kekakuan tinggi untuk mengurangi distorsi di volume ekstrim, dan screwable terminal untuk memudahkan instalasi.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Akan tetapi, masing-masing sub-varian memiliki spesifikasi yang berbeda antara ukuran kerucut dan komponen yang dipakainya, hingga mempengaruhi max power, nominal power, dan impedance.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Focal Sub 10 (kiri) dan Sub 10 Slim (kanan) (sumber: Focal)

Seperti misalnya, Sub 10 dan Sub 10 Dual memiliki max power 500 W dan nominal power 250 W RMS, sementara Sub 10 slim memiliki max power 460 W dan nominal power 230 W RMS.

Meski secara performa lebih rendah, Sub 10 silm memiliki keunggulan yakni instalasi lebih fleksibel karena kerucutnya lebih pipih sehingga lebih mengikuti OEM mobil yang bawaannya sudah dilengkapi subwoofer pada umumnya.

Focal Sub 10 (kiri) dan Sub 10 Dual (kanan) (sumber: Focal)

Focal Sub 10 dan Sub 10 Dual memiliki max power dan nominal power yang sama, akan tetapi Sub 10 Dual memiliki impedance lebih besar dari Sub 10, karena adanya komponen 2 x 4 Ohm dual voice coil.

Untuk subwoofer varian ukuran 12 inci juga memiliki 3 sub-varian, yaitu Sub 12, Sub 12 Slim, dan Sub 12 Dual.

Masing-masing sub-varian ukuran 12 inci tentunya juga memiliki spesifikasi berbeda, antara karena kerucut dan komponen yang dipakainya, hingga mempengaruhi max power, nominal power, dan impedance.

Meskipun semua varian dilengkapi butyl surround, sasis baja, spider decompression, kerucut, dan screwable terminal, ada perbedaan spesifikasi antara varian subwoofer 10 inci dan 12 inci, dari max power, nominal power, dan sensitivity.

Spesifikasi antara Focal Sub 10 dan Sub 12 (sumber: Focal)

Jika dibandingkan antara Sub 10 dan Sub 12 misalnya, Sub 10 memiliki max power sebesar 500 W, nominal power 250 W RMS, dan sensitivity 85 dB, sementara Sub 12 memiliki max power sebesar 600 W, nominal power 300 W RMS, dan sensitivity 88 dB.

Dengan demikian, lini subwoofer Focal Motorities menawarkan banyak pilihan kepada para pelanggan antara fleksibilitas instalasi dan performa lebih yang mungkin akan membutuhkan banyak ubahan untuk pemasangannya.

Kalau masuk Indonesia pasti banyak yang minat, nih. (*)