Pecah Rekor! Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Dipesan 1.700 Unit Dalam Sebulan

  • Oleh : redaksi

Kamis, 12/Mei/2022 16:15 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 pada 31 Maret – 10 April lalu jadi momen bersejarah bagi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).
 
Karena pada ajang tahunan tersebut, salah satu model mobil listrik produksi Indonesia unggulan Hyundai yakni Ioniq 5 resmi diperkenalkan kepada publik dan mendapat sambutan luar biasa.
 
Dalam keterangan resmi HMID, terhitung dalam kurun waktu sebulan sampai dengan 9 Mei 2022 kemarin, Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 telah dipesan hingga 1.700 unit yang telah dicatatkan dalam Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).  
 
Pecah rekor untuk kategori penjualan mobil listrik produksi massal di Indonesia. Diantara ribuan unit yang dipesan, pemesanan terjauh datang dari seorang pelanggan yang berdomisili di Papua.  
 
Kendaraan listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) ini, sebanyak 70% dari total SPK yang paling banyak dipesan adalah varian Signature Long Range. Kemudian diikuti oleh Signature Standard Range, Prime Long Range dan Prime Standard Range.
 
Lalu, warna bodi Gravity Gold Matte jadi yang paling banyak dipesan dengan lebih dari 50% dari total SPK, disusul oleh Magnetic Silver Metallic, Optic White, Midnight Black Pearl dan Titan Gray Metallic.  
 
“Ini menjadi pencapaian dan motivasi baru bagi Hyundai untuk terus berinovasi ke depannya. Kami juga ingin berterima kasih kepada pelanggan tercinta yang terus mempercayai Hyundai sebagai pemimpin di pasar EV," jelas Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia.
 
Ioniq 5 jadi Electric Vehicle (EV) pertama dibangun Hyundai di atas E-GMP atau Electric-Global Modular Platform.
 
Keunggulan platform ini diantaranya: peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang semakin bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, fitur keselamatan yang mumpuni, dan ruang interior untuk penumpang dan bagasi yang lebih luas.  
 
Ioniq 5 cocok digunakan saat kegiatan berpetualang di luar ruang atau outdoor karena memiliki Vehicle-to-Load atau V2L.
 
Yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya memperoleh daya listrik hingga sebesar 3,6 kW agar dapat digunakan untuk mengisi ulang daya berbagai perangkat listrik, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah.  
 
Sudah begitu, Ioniq 5 juga memiliki jarak tempuh yang mencapai hingga 481 KM untuk varian Signature Long Range dengan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam yang dapat diraih hanya dalam 7,4 detik.
 
Ioniq 5 secara global telah mendapat sejumlah penghargaan, salah satunya adalah World Car Awards yang diadakan di New York International Auto Show (NYIAS).  
 
Dimana Ioniq 5 sukses menyabet tiga gelar sekaligus, yakni “World Car of the Year”, “World Electric Vehicle of the Year” dan “World Car Design of the Year”.  
 
Sementara di beberapa negara lain Ioniq 5 juga menyabet penghargaan German Car of the Year, UK Car of the Year, Auto Express’ Car of the Year dan Auto Bild’s Electric Car of the Year.
 
Tingginya antusias konsumen mobil di Indonesia terhadap Hyundai Ioniq 5, jadi bukti mobil listrik mulai diterima karena sesuai dengan kebutuhan berkendara dan pendukung aktivitas kehidupan. (*)

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh