Catat Tanggalnya! Car Audio Network Kembali Adakan Training Skala Internasional untuk Kontestan dan Juri

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 07/Jun/2022 17:01 WIB
Car Audio Network adakan training skala internasional untuk juri dan kontestan. Car Audio Network adakan training skala internasional untuk juri dan kontestan.

SoundandMachine.com (Jakarta) – Car Audio Network (CAN) mengadakan pelatihan atau training untuk pencinta car audio skala internasional, baik sebagai kontestan atau competitor training maupun sebagai juri atau judge training.

Training tersebut diadakan di Meeting Room Grand Orchardz Hotel, Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 13 Juni 2022 untuk competitors training, dan 13-14 Juni 2022 untuk judge training.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

“Judge itu mendidik orang untuk menjadi juri, competitor dia menjadi kontestan. Diantara 2 itu ada irisan, bahwa semuanya mesti tau etika, rule dari objection-nya seperti apa, mendaftarnya seperti apa, datang ke acara seperti apa, cara menilai seperti apa.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Founder Car Audio Network kepada SoundandMachine.com saat ditemui di kantor PT. Audioworkshop, Jakarta (7/6/2022).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Competitor training merupakan pelatihan yang bersifat edukasi untuk kontestan, tepatnya materi penilaian dan cara juri menilai.

Berpartisipasi competitors training bukan persyaratan untuk mengikuti kontes CAN, tetapi dianjurkan untuk mengikutinya karena akan diajarkan bagaimana supaya mendapat nilai tinggi.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

“Dalam pertandingan sound, sesuatu yang sifatnya abstrak, kita bisa mengkualitatifkan bagaimana mendapatkan skor besar. Suara saja yang tidak terlihat bisa kita dikualitatifkan, apalagi sesuatu yang menjadi objek pengelihatan.” jelas Wahyu.

Kemudian untuk judge training, peserta akan dilatih trik untuk menjuri kualitas audio mobil dan itu yang membedakan dengan competitors training.

“Misalnya mobil kamu saya nilai bagus, kemudian bagaimana kalau ketemu dengan mobil yang lebih bagus lagi. Kalau kamu kompetitor, yang penting bagus aja kelar, juri itu harus bisa mengkuantisasi, misalnya dia mendengarkan 10 mobil. Artinya mobil ini dengan itu nilainya harus lebih rendah.” ujar Wahyu.

Setelah mengikutinya, peserta judge training akan mendapat sertifikasi international judge training, sehingga peserta bisa menjadi juri dan juga melatih para calon juri di negara asalnya.

“Dia bisa copy paste itu ke judge lokal. Tujuannya kita punya CAN semakin besar tanpa ada ketergantungan pada saya. Saya cuma mengajar 1 kali. Kayak Taiwan dekat sama Filipina, daripada ngundang saya, dia ngundang Alex Garcia Lee (juri dari Filipina) karena lebih murah.” tambah Wahyu.

Dalam training tersebut juga akan disinggung sistem baru yakni, baik juri maupun kontestan sama-sama berkewajiban untuk memberikan rating bintang, layaknya menggunakan aplikasi transportasi online setelah menggunakan jasanya.

Untuk biaya, competitors training dibanderol Rp. 1.900.000,- dan judge training dibanderol Rp. 2.800.000,-. Pembayaran tersebut dilakukan antara tanggal 1 sampai 12 Juni 2022, ke rekening BCA 4281793777 atas nama PT. Audioworkshop. (Joule)