Dihadiri Peserta dari 6 Negara, Training Car Audio Network International 2022 Sukses Terlaksana

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 15/Jun/2022 20:30 WIB
Para peserta Car Audio Network International Judge and Competitors Training. Para peserta Car Audio Network International Judge and Competitors Training.

SoundandMachine.com (Jakarta) – Judge and competitors training Car Audio Network (CAN) International yang diadakan pada tanggal 13-14 Juni 2022 di Hotel Grand Orchardz, Kemayoran, Jakarta, telah sukses terlaksana.

Diadakannya CAN International 2022 bertujuan memajukan industri car audio, dengan mendidik lebih dari 50 peserta untuk menjadi juri yang kompeten dan tentunya profesional.

Baca Juga:
GIIAS 2022 Akan Jadi Seri Pembuka Kompetisi Audio Mobil EMMA Indonesia Musim 2023

“Bawa pulang ilmunya, mereka bisa memberikan ilmunya kepada judge yang lain, bikin training monggo.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Founder CAN International kepada SoundandMachine.com di Hotel Grand Orchardz, Jakarta (14/6/2022).

Dimentori oleh Wahyu Tanuwidjaja, acara training tersebut membahas topik yang berbeda setiap harinya, baik di hari pertama maupun kedua.

Baca Juga:
Kejar Posisi 10 Besar Jadi Keseruan Kompetisi Audio Mobil di Final EMMA Indonesia 2022

Hari pertama membahas garis besar CAN secara global, regulasi, etika dasar, dan pengadaan kontes sound quality yang akhir-akhir ini banyak diminati para penggemar car audio.

Baca Juga:
2022 CAN International Training Impression From CAN South Korea Judge, David JooHuem Baek

Khusus hari pertama, bukan hanya menargetkan para peserta yang ingin menjadi juri, tetapi juga sebagai calon kontestan. Pasalnya, meski bukan syarat wajib mengikuti kontes CAN, jika memahami materinya, bisa menjadi kunci sukses memenangkan salah satu kategori kontesnya.

Sebagai bagian dari pembahasan garis besar CAN secara global, diumumkan bahwa akan terbuka untuk asosiasi lain dalam penggunaan online score di website-nya.

“Indonesia bisa survive pandemi karena 8 asosiasi yang bisa bekerjasama. Semakin banyak orang ikut, kita semakin besar.” jelas Wahyu.

Setelah menjelaskan secara teori, para peserta training juga diarahkan ke alat peraga yang terpasang sejumlah produk car audio untuk praktek penilaiannya.

Kemudian untuk hari kedua, lebih banyak membahas program CAN seperti kontes Sound Pressure Level (SPL), sound and performamce, instalasi, tuning, dan sebagainya.

Untuk menjadi juri, tentunya harus mengikuti acara training selama 2 hari, dan di hari kedua para peserta training diharuskan untuk tergabung di akun website CAN Friends sebagai juri.

Selesai acara, peserta yang mengikuti training selama 2 hari mendapat 2 sertifikat, yaitu International Competitors Training dan Judge Training. Kedua sertifikat tersebut dibutuhkan agar bisa menjadi juri dan juga membuka pelatihan di daerahnya masing-masing.

Peserta yang mengikuti training berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Korea Selatan. Untuk peserta dari Indonesia sendiri, dihadiri oleh berbagai daerah seperti Jakarta, Tangerang, Surabaya, Jogjakarta, Batam, Pekanbaru, Medan, Ternate, dan Bengkulu.

Sejumlah brand aftermarket turut mensponsori training CAN International 2022 selama dua hari, yang beberapa diantaranya turut menampilkan barang display agar peserta bisa melihat lebih dekat produknya.

“Kalau saya bilang bukan kita mau sponsor dalam bentuk uang kepada I-CAN atau CAN, tapi sponsor berupa support industrinya, doing something, itu kan bisa meningkatkan penjualan.” pungkas Wahyu.

Selamat atas terlaksananya training CAN International, semoga membuat industri car audio semakin maju. (Joule)